banner 300x280

Alpukat Miki dan Jenis-Jenis Alpukat Unggul Lainnya

18 views
example banner

Alpukat Miki – adalah salah satu jenis dari alpukat jenis unggul yang khusus ditanam didaerah dataran rendah. Selain termasuk jenis alpukat yang ditanaman didataran rendah, buah Alpukat Miki ini bersifat genjang atau mudah berbuah.

Bibit Alpukat Miki dapat mulai berbuah saat sudah berusia 2-3 tahun yang dimana lazimnya tanaman alpukat akan masuk masa reproduksi pada usia diatas 5 tahun.

Alpukat Miki memiliki buah yang ukurannya besar dan beratnya sekitar 400-600 gram per buahnya. Alpukat Miki ini juga mempunyai tampilan yang menarik serta daging buahnya berwarna kuning dan tebal, rasanyapun juga terbilang manis.

Keunggulan Alpukat Miki

Setiap jenis tanaman alpukat mimiliki keunggulan masing-masing termasuk bibit Alpukat Miki. Berikut beberapa keunggulan bibit Alpukat Miki:

Memiliki Buah dengan Ukuran Besar

alpukat tanpa biji

Buah Alpukat Miki memiliki ukuran yang cukup besar, Berat per buahnya bisa mencapai 400-600 gram. Selain daging buahnya yang tebal, buah Alpukat Miki kulitnya sangat tipis dan mudah untuk dikupas.

Anti dengan Ulat

Keunggulan lain dari Alpukat Miki adalah tidak disukai hama ulat, karena tanaman Alpukat Miki bisa menghasilkan enzim antiproetase. Enzim ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada hama ulat bahkan bisa untuk membunuh hama ulat itu sendiri.

Cocok Ditanam Didataran Rendah

Bibit Alpukat Miki adalah bibit tanaman alpukat yang cocok ditanam didataran rendah dengan ketinggian sekitar 300 mdpl. Alpukat Miki bahkan dapat berbuah diketinggian 20 mdpl tanpa perlakuan khusus.

Kulit Buah Halus dan Mengkilap

Alpukat Miki memiliki kulit buah yang halus dan mengkilap, sehingga tidak mudah terserang hama. Selain itu kulit yang halus biasanya akan memudahkan buah untuk matang sempurna dan tidak mudah busuk.

Buah Alpukat Miki biasanya akan terlihat kekuningan dan sudah tua apabila banyak terpapar sinar matahari, sehingga kita harus berhati-hati untuk memetik buah alpukat.

Bersifat Genjah

Dari majalah Trubus, menurut pengakuan dari Jenderal Yunus pohon Alpukat Miki di daerah Beji-Depok dalam waktu 3 tahun terakhir bisa dipanen sebanyak 12 kali, bahkan bisa dipetik setiap hari.

Pohon Alpukat Miki biasanya mulai berbuah ketika sudah berumur 3 sampai 4 tahun sejak penanaman.

Tingkat Produktivitas Tinggi

Dalam budidaya pohon Alpukat Miki tanpa perawatan, usia 3 tahun biasaya sudah bisa menghasilkan buah sekitar 5 kg sampai 10 kg, sedangkan apabila dengan perawatan khusus bisa menghasilkan buah 15 kg hingga 20 kg.

Semakin tua usia pohon alpukat makan semakin banyak pula buah yang akan dihasilkan.

Bisa Berbuah Didalam Pot

Untuk masyarakat yang ingin bertanam buah alpukat dalam pot karena tidak ada lahan yang cukup, maka solusinya adalah dengan menanam bibit Alpukat Miki. Jenis Alpukat Miki adalah salah satu bibit yang mudah ditanam didalam pot, tentunya dengan perawatan khusus.

Tabulampot alpukat akan lebih mudah untuk berbuah didataran rendah dengan ketinggian minimal 400 mpdl. Dibawah 400 mpdlpun tetap bisa berbuah namun harus dengan perlakuan yang lebih optimal.

Rasanya Enak dan Lezat

Bibit Alpukat Miki memiliki rasa yang gurih, enak dan sedikit manis saat buah sudah benar-benar matang dan juga tidak mimiliki rasa pahit atau getir sama sekali. Bibit Alpukat Miki juga tidak memiliki serat yang pahit saat kualitas buahnya kurang baik.

Jenis Alpukat Unggulan dengan Rasa yang Enak

Selain Alpukat Miki, Ada juga beberapa jenis alpukat unggulan yang memiliki rasa yang enak dan lezat pastinya. Selain itu juga memiliki kelebihan tersendiri dari masing-masing jenis alpukatnyanya.

Berikut beberapa jenis bibit alpukat yang rasanya enak dan lezat.

Alpukat Wina

Alpukat Wina adalah jenis alpukat lokal yang termasuk unggulan dan tersohor dengan ukurannya yang besar. Bobot yang dimiliki buah alpukat wina kurang lebih 1,3 kg sampai 1,8 kg per buahnya. Bibit Alpukat Wina memiliki buah yang dagingnya padat, tebal dan berwarna kuning. Cita rasa buah alpukat wina sendiri terbilang gurih, manis, dan nikmat pastinya.

Alpukat Mentega

Pohon Alpukat mentega adalah jenis buah unggulan yang memiliki daging tebal, padat dan tekstur dagingnya kenyal namun tidak berair. Hal yang membuat buah alpukat mentega ini menarik adalah karena alpukat ini mempunyai warna kuning bersih yang cantik seperti warna mentega.

Bibit Alpukat Mentega ini memiliki buah yang bentuknya cenderung bulat dengan pangkal dan ujung buahnya agak membulat pula. Pajang dari buah Alpukat Mentega ini sekitar 13-17 cm dan memiliki diameter sekitar 10-14 cm.

Buah Alpukat Mentega bisa mulai dipanen saat sudah berumur 4-5 tahun sejak awal penanaman. Tingkat produktifitas bibit alpukat mentega ini tergolong tinggi, yaitu bisa mencapai 350 sampai 450 buah per pohonnya atau sekitar 225kg per tahun.

Selain itu kelebihan dari pohon Alpukat Mentega adalah bisa berbuah sepanjang tahun setelah panen pertamanya.

Alpukat Kendil

Alpukat Kendil adalah jenis alpukat unggulan yang juga mempunyai buah dengan ukuran besar dan bentuknya menyerupai kendil. Alpukat ini berasal dari persilangan antara Alpukat Kendal dengan bibit tanaman alpukat Gunung Pati.

Bobot buah Alpukat Kendil bisa mencapai 1-2 kg perbuahnya. Daging buah Alpukat Kendil ini sangat tebal dan bijinya kecil. Cita rasa dari Alpukat Kendil ini lebih nikmat, teksturnya lembut dan bisa langsung dimakan.

Bibit Alpukat Kendil ini memiliki beberapa keunggulan dari bual alpukat lainnya, diantaranya:

  1. Ukuran buahnya besar atau jumbo
  2. Memiliki daging yang tebal dan memiliki cita rasa yang nikmat
  3. Bibit buah Alpukat Kendil ini bersifat genjah atau cepat berbuah
  4. Dapat berbuah sepanjang tahun
  5. Tingkat produktifitasnya tinggi
  6. Bibit pohon buah alpukat yang anti ulat

Alpukat Aligator

Alpukat Aligator adalah salah satu jenis pohon alpukat yang unik. Buah Alpukat Aligator ini berbentuk bulat lonjong dengan bagian bawah buah yang agak membesar dan pada bagian ujung buah sedikit mengecil. Ukuran buah Alpukat Aligator ini rata-rata 70 sampai 80 cm dengan bobot perbuahnya bisa mencapai 1,3 kg.

Buah Alpukat Aligator juga memiliki daging buah yang tebal, teksturnya lembut dan tanpa serat. Selain itu cita rasa Alpukat Aligator ini manis, tidak pahit, pulen dan memiliki aroma yang khas.

Bibit pohon Alpukat Aligator juga cocok ditanam didataran rendah  dengan ketinggian sekitar 300 mpdl. Buah Alpukat Aligator sudah bisa dipanen sekitar umur 3 sampai 5 tahun sejak penanaman.

Permintaan pasar terhadap buah Alpukat Aligator juga selalu mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap budidaya pohon Alpukat Aligator. Selain karena buahnya yang unik, Alpukat Aligator juga bersifat genjah atau cepat berbuah.

Alpukat Tanpa Biji

Sesuai dengan namanya, pohon alpukat jenis ini punya keistimewaan yang tidak dimiliki oleh jenis buah alpukat yang lainnya, yakni daging buahnya tebal dan tidak memiliki biji. Hampir semua bagian buahnya penuh dengan daging yang super tebal.

Buah Alpukat Tanpa Biji memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dengan jenis alpukat unggul yang lainnya. Perpaduan antara daging yang tebal dan cita rasa yang nikmat, mampu membuat penggemar buah alpukat terpuaskan.

Pohon Alpukat Tanpa Biji mampu tumbuh dengan baik didataran rendah dan juga didataran tinggi dengan ketinggian ideal sekitar 200 sampai 1000 meter diatas permukaan laut dan suhu idealnya anatara 20 sampai 25 derajat celcius.

Pohon alpukat tanpa biji juga memiliki tampilan yang mirip dengan jenis bibit alpukat lainnya. Batangnya berwana coklat, daunnya lonjong berwarna hijau dan pemukaan daunnya kuning kecoklatan. Bentuknyapun hampir sama, hanya saja dagingnya lebih tebal dan tidak berbiji.

Alpukat Hass

Keistimewaan yang dimiliki oleh bibit Alpukat Hass adalah dari bentuknya yang unik. Warna kulit Alpukat Hass coklat sedikit kehitaman ketika sudah matang. Selain itu, tekstur kulitnya kasar dan bergerigi.

Bentuk buah Alpukat Hass bulat dengan daging buah yang berwarna kuning cerah dan sedikit garis hijau yang menempel di permukaan kulitnya. Keunggulan lainnya adalah cita rasa yang dimiliki buah Alpukat Hass yang pulen dan sangat nikmat.

Pohon Alpukat Hass mampu tumbuh didataran rendah maupun dataran tinggi dan sangat cocok untuk didaerah Indonesia.

Buah alpukat jenis ini juga tidak mudah busuk sehingga sangat cocok bila disimpan dalam waktu yang lumayan lama. Didalam buah Alpukat Hass terkandung berbagai macam nutrisi, lemak tak jenuh yang  juga sangat bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Buah Alpukat Has adalah jenis buah yang memiliki rasa paling enak daripada buah alpukat lainnya. Pasalnya buah alpukat ini masuk kedalam jenis buah yang berkualitas tingkat internasional dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Alpukat Pluwang/Green Star

Keunggulan Alpukat Pluwang adalah ukuran buahnya yang bisa dibilang jombo atau super besar yang beratnya bisa mencapai 600 sampai 800 gram per buah. Bahkan ada juga yang buahnya bisa mencapai 2 kg per buah.

Daging dari buah Alpukat Pluwang sendiri padat dan teksturnya lembut dengan cita rasa yang lebih manis serta gurih dari varietas alpukat yang lainnya.

Tanaman Alpukat Pluwan adalah jenis buah alpukat yang terkenal dari postur tbuhnya yang pendek sehingga sangat memudahkan ketika proses panen.

Selain Alpukat Pluwang, alpukat ini juga memiliki nama lain yaitu Alpukat Hawai Jumbo dan Alpukat Pangeran. Hal ini disebabkan karena Alpukat Pluwang ini belum memiliki sertifikat.

Alpukat Pluwang ini juga termasuk jenis tanaman yang bersifat genjah atau mudah berbuah. Pohon buah Alpukat Pluwang biasanya mulai berbuah ketika sudah berumur 2 sampai 3 tahun sejak penanaman. Selain itu alpukat ini juga tidak disukai oleh hama seperti ulat dan memiliki daya tahan tubuh yang tahan lama.

Demikianlah informasi tentang buah Alpukat Miki dan beberapa jenis pohon alpukat unggulan yang memiliki rasa paling enak dan sangat cocok untuk dibudidayakan di wilayah Indonesia.

Setiap pohon alpukat pasti memiliki kelebihan masing-masing dan semuanya juga tergantung dari pilihan masing-masing saat ingin membudidayakan buah alpukat.

Apabila, kalian tertarik dan ingin membudidayakan tanaman alpukat, ada baiknya apabila kalian juga belajar tentang bagaimana cara budidaya yang baik dan benar.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan terima kasih.