banner 300x280

Mengenal Apel India (Apel Putsa) Dan Cara Pembudidayaannya

72 views
example banner

Apel India – Merupakan salah satu jenis apel yang bisa tumbuh di Indonesia. Tanaman ini memiliki nama latin Ziziphus Muritania dan biasa disebut dengan Apel putsa. Apel putsa ini masih termasuk dalam golongan keluarga rhamnaceae.

Apel India atau apel putsa selain bisa ditanaman di lahan, bisa juga ditanam di dalam pot atau biasa disebut tabulampot. Seperti namany, apel ini berasa dari daerah kering di India. Di dalam habitatnya, apel india bisa hidup dialam hanya dengan seutas akarnya.

Kenapa sekaranga apel india banyak diminati penghobis?

Karena tanaman apel india ini sendiri sangat mudah dalam beradaptasi walaupun kondisinya sedang kritis.

Selain itu, penanaman apel india juga tidak begitu sulit, yang penting adalah biberikan perawatan yang sesuai dengan kriteria tanaman, tidak kurang ataupun berlebihan.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang apel india dan cara budidayanya. Yuk simak!

Sifat Apel India

apel india atau apel putsa

apel india atau apel putsa mudah beradaptasi dan genjah

Apel india merukapan tanaman semak berduri yang memiliki batang dan daun berwarna hijau. Pada habitatnya bisa tumbuh hingga 10-12 meter. Untuk buahnya sendiri mirip dengan apel manum ukurannya lebih kecil dari apel biasanya. Maksimal besar buahnya adalah berdiameter 3-5 cm atau seukuran dengan genggaman tangan anak kecil.

Warna buahnya lebih cenderung ke warna hijau dan tidak memiliki lekuka pada pangkal tangkai buah. Tekstur kulitnya halus dan daging buahnya berwarna putih serta memiliki rasa yang manis.

Syarat Tumbuh Apel India

apel india berbuah lebat

apel india berbuah lebat

  1. Apel putsa mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan, namun akan lebih baik apabila ditanam sama dengan lingkungan aslinya yaitu pada dataran yang memiliki ketinggian 0-1.500 mdpl.
  2. Cukup menanam apel india pada daerah yang curah hujannya 150- 2.500 per tahunnya.
  3. Apel india memerlukan cahaya matahari cukup yaitu sekiter 50 hinggan 60% setiap harinya
  4. Suhu yang diperluka oleh apel putsa adalah 16 hingga 27 derajat celcius dan tingkat kelembaban sekitar 80%

Cara Menanam Apel India (Apel Putsa)

buah apel india

buah apel india

Untuk bisa menghasilkan buah yang berkulitas, maka perlu juga dilakukan beberapa tahap penanaman yang sudah banyak dilakukan oleh para penghobis yang berhasil. Berikut beberapa langkah dalam menanam apel india,

Pemilihan Bibit Apel India

Salah satu hal yang terpenting dalam penanam tumbuhan penghasil buah atau biji pemilihan bibit yang bagus dan juga berkualitas. Pilihlah bibit berkualitas tersebut dengan melihat kesehatannya, kesuburannya, dan juga ketahanannya terhadap serangan hama penyakit.

Bibit yang baik dan berkualitas akan menghasilkan buah yang berkualitas pula. Jadi jangan ragu untuk memilih bibit yang bagus untuk masa pertumbuhannya yang baik.

Persiapan Lahan Tanam

Sebelum penanaman, lakukan dulu penyiangan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah lahan bersih, siapkan lubang dengan ukuran kurang lebih 50cm x 50 cm x 50 cm. Kemudian siapkan juga campuran tanah dengan pupuk kompos dan juga arang sekam untuk media penutup lubang nantinya.

Pada lubang tanam juga diberikan campuran tanah, pupuk kandang atau kompos kemudian didiamkan sekitar 2 hingga 3 hari supaya gas-gas beracun yang ada didalam tanah hilang. Campuran media tanam atau penutup tadi juga perlu didiamkan dulu di tempat yang teduh atau bisa juga ditutupi dengan plastk.

Proses Penanaman Apel India

Apabila semuanya sudah siap (lahan, media tanam, bibit), maka langkah selanjutnya adalah penanaman. Caranya adalah dengan mengeluarkan bibit apel india dari polibagnya dengan hati-hati agar tidak merusak akar dan juga medianya.

Setelah itu masukan bibit ke dalam lubah dengan posisi tegak lurus dan kemudian ditutup dengan media tanam yang sudah kita buat sebelumnya. Jangan lupa untuk memadatkan media tanamnya agar tanaman tetap kokoh walaupun terkena serangan anginkencang ataupun hujan.

Tahap Perawatan Tanaman Apel India

buah lebat pohon apel india

buah lebat pohon apel india

Ketika kita melihat apel india atau tanaman kita berbuah lebat, pastinya akan membuat hati senang. Sebaliknya pula, apabila tanaman tidak tumbuh dengan baik bahkan tidak mau berbuah akan membuat kita sedih padalah sudah diberikan perawatan.

Nah, mungkin dari sini apabila tanaman tidak mau bebuah padahal sudah diberikan perawatan, bisa jadi perawatan yang kita berikan kurang atau bahkan terlalu berlebihan. Berikut beberapa cara perawatan apel india:

Penyiraman

Proses penyiraman tanaman apel india biasanya dilakukan sesuai dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Namun, idealnya adalah 2 hari sekali. Misalnya kondisi saat ini adalah sedang kemarau, maka penyiraman dilakukan 3 sampai 4 kali dalam satu minggu. Sedangkan pada musim penghujan, cukup dilakukan penyiran 1 sampai 2 kali saja dam satu minggu.

Pemupukan

Untuk tanaman apel india berumur 1 tahun setelah dilakukan okulasi, maka perlu diberikan pupuk NPK 15:15:15 dengan dosis 1 sendok makan, Apabila sudah semakin membesar, berikan pupuk NPS 20:40:20 dengan dosis 1 sendok teh saja. Lakukan cukup 1 minggu satu kali.

Ketika tanaman apel pusta sudah tumbuh bunga, maka berikan pupuk NPK 13:13:21 dengan dosis kurang lebih 1 sendok teh. Caranya adalah dengan menaburkan pupuk di atas media tanamnya setiap satu bulan sekali.

Agar tanaman apel india (putsa) lebih subur lagi, berikan pupuk kandang dengan dosis sekitar 5 sampai 10 kg per pot/tanamannya setiap 6 bulan sekali.

Pemangkasan

Proses pemangkasan tanaman apel india adalah bertujuan untuk membantu merangsang tumbuhnya bunga dan tunas baru. Selain itu juga untuk menjaga buah agar tetap bisa tumbuh dengan sempurna.

Sebelum dilakukan pemangkasan, hendaknya dilakukan dulu stresing air atau tidak diberikan air untuk beberapa waktu sebelum pemangkasan (maksimal 7 hari). Setelah stresing dirasa cukup, barulah bisa dilakukan pemangkasan.

Setlah pemangkasan selesai, barulah dilakukan penyiraman kembali dengan tujuan agar tumbuhan bisa cepat muncul bunga dan munculnya bisa serempak.

Pemangkasan tanaman apel india bisa dilakukan ketika pohon sudah memiliki ketinggian 30 cm. Setelah itu, ketika ada daun muda muda mulai tumbuh maka daun tuanya siap untuk dipangkas lagi.

Dengan perlakuan yang seperti itu, diharapkan pada 1 bulan kedepan tanaman sudah mulai berbunga. Selain itu, biasanya saat bulan ketiga setelah pemangkasan buah akan mulai muncul.

Seleksi Buah

Untuk mendapatkan hasil buah yang bagus kualitasnya dan buah bisa tumbuh terus, kita bisa melakukan seleksi buah yang termasuk dalam tahap perawatannya.

Cara seleksi buah apel india adalah dengan menyisakan 2 buah apel india pada setiap rantingnya. Buanglah buah yang berkerut, warnanya kehitaman, dan juga yang kering.

Agar buah yang tersisa tetap kuat dan sehat, maka semprotkan minyak ikan dengan dosis kurang lebih 1 tutup botol dan campur dengan air. Hal ini bisa mengurangi presentase buah yang rontok dari 40% menjadi 20%.

Panen Buah Apel India (Apel Putsa)

buah apel india siap panen

buah apel india siap panen

Buah apel india biasanya akan bisa dipanen diumur 1 hingga 2 tahun. Apel putsa juga dipercaya bahwa bisa berbuah sepanjang tahun dan bisa sangat produktif dalam menghasilkan buah.

Demikain artikel kali ini yang membahas tentang apel india atau apel putsa mulai dari sifat, cara budidaya, hingga masa panennya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, mudah diterima dengan baik, dan juga bisa memberikan wawasan yang positif.

Sekian dan terima kasih.

Leave a reply "Mengenal Apel India (Apel Putsa) Dan Cara Pembudidayaannya"

Author: 
author