banner 300x280

Cara Praktis Menanam Bonsai Bougenville [LENGKAP]

14 views
example banner

Bunga bugenville atau bunga kertas adalah jenis bunga yang bentuknya berupa pohon kecil dan sukar tumbuh tegak. Kecantikan bunga ini berasal dari seludang bunganya yang warnanya cerah serta bisa  menarik perhatian karena tumbuhnya rimbun. Seludang bunga bougenville sering dianggap salah-satu bagian bunga. Padahal bunga yang sebenarnya berada didalam seludang itu sendiri. Seludang ini memiliki kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, bahkan Adib Nurdiyanto dari Bojonegoro mengolahnya menjadi minuman herbal.

Tanaman bunga Bougenville memiliki nama latin yaitu Bougainvillea. Bunga Bougenville ini memiliki banyak jenis dan juga warna bunga. Tanaman hias ini juga banyak digemari masyarakat karena perawatannya yang cukup mudah. Bunga Bougenville juga biasa disebut dengan nama bunga kertas karena kelopaknya tipis dan mirip kertas.

Ketika di alam, tanaman hias Bougenville bisa tumbuh menjadi pohon yang tinggi dan bisa mencapai tinggi beberapa meter. Namun, sebagai jenis tanaman hias tanaman ini biasanya hanya bisa tumbuh hingga 1 meter saja. Palihan lain yang bisa lakukan adalah dengan menjadikan tanaman yang dianggap sebagi pembawa keberuntungan ini menjadi tanaman hias bonsai mungil dengan bunga yang rimbun.

Cara Membuat Bonsai Bougenville

bibit tamanan bougenville

bibit tamanan bougenville

Cara membuat bonsai Bougenville adalah salah satu topik menarik yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Sebagaimana kita telah kita ketahui bahwa bonsai adalah salah satu teknik membuat tanaman yang berukuran besar menjadi mini atau kecil.

Berikut cara-cara yang praktis yang bisa kita lakukan untuk membuat bonsai mungil yang rimbun:

Persiapkan alat dan bahan

Tahap awal dalam pembuatan bonsai bougenville adalah menyiapkan alat dan bahan yang rekatif mudah ditemukan disekitar kita, berikut alat dan bahan yang perlu disiapkan :

  1. Bibit bunga bougenville
  2. Media tanam (tanah liat)
  3. Pasir
  4. Pupuk kompos atau pupuk kandang
  5. Kerikil
  6. Pupuk anorganik / NPK
  7. Cetok
  8. Gunting tanaman
  9. Pot yang kokoh
  10. Kawat kuningan yang kuat
  11. Rapiah
  12. Tang, dan
  13. Isolasi

Pilih Bibit Bunga Berkualitas

Untuk memilih bibit, pilihlah bibit tanaman bougenville yang bagus dan harus sehat, berdaun subur dan warnanya hijau cerah, serta terbebas juga dari hama penyakit. Bibit bunga bougenville bisa didapat dari hasil stek atau cangkok. Bibit yang berasal dari stek atau cangkok biasanya akan menghasilkan tanaman akarnya kuat dan kokoh. Hal ini disebabkan kerana bibit ini tidak memiliki akar tunggang melainkan lateral.

Siapkan Media Tanam Baru

Untuk kalian yang sudah biasa menanam atau masih mencoba-coba, pastikan kalian menggunakan media tanama yang baru. Untuk media tanam tersebut gunakan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 5:3:2.

Selanjutnya masukkan dulu kerikil pada bagian paling bawah pot supaya proses aerasi bisa berjalan baik. Setelah kerikil masuk, masukkan bibit bunga bougenville kedalam pot dengan posisi tegak lurus dan baru baru masukkan media tanam yang lainnya hingga penuh.

Siapkan Pot yang Kuat dan Steril dari Hama Penyakit

Supaya tanaman bonsai bougenville kita bisa tumbuh dengan baik, kita perlu menggunakan pot yang sifatnya kuat dan juga kokoh. Sebelum digunakan, cuci dulu pot bunganya hingga bersih sehingga terbebas dari kotoran dan hama penyakit yang menempel.

Selain itu bisa juga dengan merendam pot menggunakan larutan insektisida. Gunakan larutan insektisida secukupnya atau dengan dosis 0,06-1%. Setelah dicuci bersih, jemur pot dibawah sinar matahari selama 10-15 menit.

Lakukan Pemangkasan Daun

bonsai bougenville putih

bonsai bougenville putih

Agar tampilan tanaman bonsai bunga kertas tampak lebih rapi dan estetik, kita perlu melakukan pemangkasan daun yang tidak perlu. Selain untuk memperindah tampilan bonsai bougenvil, pemangkasan daun dilakukan bertujuan untuk mengurangi penguapan yang berlebih sehingga tanaman menjadi tidak stress dan mati.

Buat Kerangka Dasar Bonsai

Proses pembuatan kerangka bonsai diawali dengan pembuabuatan kerangka bonsai terlebih dahulu. Setelah kerangkanya selesai dibuat, jangan lupa untuk mengikatnya dengan kawat agar posisinya tidak bergeser. Tambahkan lilitan atau pengeratnya lagi dengan menggunakan raffia.

Ada banyak sekali bentuk-bentuk kerangka tanaman bonsai yang bisa kita buat, mulai dari bentuk yang tegak lurus sampai bentuk yang unik seperti bentuk batang yang berliku atau mahkota asimetris. Buat kerangka bonsai bougenville yang sesuai dengan selera Anda

Perawatan Bonsai

Selama proses pertumbuhan tanaman bonsai bougenville, pangkas beberapa daun yang tumbuh dengan tidak beraturan dan pangkas juga ranting yang posisinya tumpang tindih sehingga kerangka bonsai tidak rusak.

Selain itu jangan lupa untuk menyiram tanaman bonsai bougenville dengan air secukupnya, jangan terlalu basah dan jangan terlalu kering. Menyiram air terlalu banyak sampai menggenang bisa berbahaya karena akar tanaman akan lebih mudah membusuk.

Untuk proses pemupukannya gunakan pupuk NPK yang sudah dilarutkan 15:15:15 sebanyak 20-25 gram. Aplikasikan pupuk tersebut dengan menggunakan semprot ke dekat perakaran. Lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali.

Janis-Jenis Bunga Bougenville

tanaman bonsai bougenville

tanaman bonsai bougenville

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa tanaman bunga bougenvil memiliki beberapa jenis. Berikut jenis-jenisnya:

Bunga Bougenville Afterglow

Jenis ini adalah jenis yang menjadi favorit masyarakat karena bunganya bisa bersemi berulang-ulang kali sepanjang tahun. Tanaman bonsai ini cocok sekali ditanam di halaman rumah, pekarangan, kebun dan di atap rumah, bahkan biasa dipakai sebagai tanaman rambat di dinding. Bunga kertas Afterglow ini umumnya berwarna jingga, merah,pink, dan juga warnar koral.

Bunga Bougenville California Gold

Tanaman bunga bougenville ini mempunyai kelopak bunga yang warnanya bergradasi dari emas ke jingga. Jenis bunga Bougenville satu ini juga mempunyai sifat menggugurkan bunganya dengan cepat setelah bunga-bunganya bermekaran. Salah satu spesies genus Bougainvillea ini merupakan tipe bunga kertas kuning yang paling disukai banyak orang.

Bunga Bougenville Gold Rush

Walaupun jenis ini memiliki warna yang sama-sama berwarna keemasan, namun jenis bougenville gold rose ini mempunyai kelopak bunga yang kuning keemasannya jauh lebih cerah dan lebih mencolok dari pada jenis sebelumnya. Sehingga sangat cocok dan bisa memberikan warna yang berbeda di taman rumahmu. Dengan bunga bougenville gold rose ini, dijamin taman depan rumahu akan terlihat lebih ceria.

Bunga Bougenville Bambino Baby Allison

bonsai bogenvil merah

bonsai bogenvil

Untuk kamu pecinta warna pink, jenis Bambino Baby Allison adalah jenis tanaman hias Bougenville yang bisa jadi pilihamu karena kelopak bunganya yang berwarna pink lembut dan cantik. Bunga ini bisa juga kamu jadikan dekorasi di rumah-rumah bergaya shabby chic.

Bunga Bougenville Bambino Baby Lauren

Seperti jenis sebelumnya, jenis bunga satu ini memiliki warna yang lembut, hanya saja warnanya lebih keunguan. Kedua jenis Bambino Baby ini umumnya mekar pada akhir musim semi, awal musim panas, dan juga di akhir musim gugur.

Bunga Bougenville Baby Victoria

Pilihan lain jenis bunga kertas yang mekar sepanjang tahun adalah jenis Baby Victoria. Jenis satu ini memiliki warna magenta dan keungguan yang cantik, cerah, dan juga mencolok. Tanaman satu ini pas ditempatkan di desain taman rumah minimalis.

Bunga Bougenville Cherry Blossom

Jenis bunga Bougenville Cherry Blossom memiliki warna kelopak warna merah muda. Terkadang warnanya sangat pudar hingga medekati warna putih. Varietas Jenis bunga satu ini juga termasuk bunga yang terus mekar sepanjang tahun.

Bunga Bougenville Coconut Ice

Suka taman yang lebih berwarna? Jenis bunga satu ini bisa jadi pilihanmu! Dibanding varietas lainnya, varietas satu ini memiliki jenis kombinasi warna paling banyak dan juga akan selalu mekar sepanjang tahun untuk menghiasi tamanmu, bahkan taman rumah yang kecil sekalipun!

Bunga Bougenville Alexandra

Tamanmu akan jauh lebih cerah dan elegan dengan jenis bunga Alexandra karena warnanya yang keunguan dan juga bunganya yang rimbun ketika bermekaran. Perlu diketahui, jenis satu ini memiliki sifat menggugurkan daunnya pada waktu-waktu tertentu.

Bunga Bougenville Barbara Karst

Merupakan varietas bunga hybrid lain dari bunga Bougainvillea glabra dan Bougainvillea peruviana, jenis Bougenville Barbara Karts memiliki tone warna magenta, merah, hingga warna scarlet. Daun bunga ini bertesktur halus, bunga kertas tipe ini mekar sepanjang tahun.

Leave a reply "Cara Praktis Menanam Bonsai Bougenville [LENGKAP]"

Author: 
author