banner 300x280

Tips Budidaya Bonsai Kemuning Tumbuh Rimbun dan Indah

37 views
example banner

Bunga kemuning adalah salah satu tumbuhan tropis yang tingginya bisa mencapai sekitar tujuh meter dan bisa berbunga di sepanjang tahun. Bentuk daunnya seperti daun jeruk tapi ukurannya lebih kecil. Bunganya memiliki aroma yang wangi, berwarna putih dan panjang. Kembang kemuning banyak dijadikan bonsai oleh masyarakat kerena akan lebih cantik dan tidak menghabiskan lahan.

Bonsai kemuning merupakan jenis tanaman kemuning yang memiliki beberapa keunggulan daripada tanaman bonsai lainnya. Beberapa keunggulannya antara lain adalah memiliki kulit yang berkerak, sehingga tumbuhan ini terkesan lebih terkesan lebih tua dan mudah berbunga serta meiliki banyak ranting.

Di Indonesia ada dua jenis tanaman bonsai kemuning yaitu bonsai kemuning jenar (lokal) dan bonsai kemuning Jepang.

Bunga dari pohon ini mempunyai aroma yang sangat halus. Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis tanaman bonsai kemuning yang terkenal yaitu bonsai kemuning jepang dan kemuning jenar atau lokal. Selain berbunga, bonsai kemuning juga berbuah dan warnanya kuning setelah buah matang.

Klasifikasi Bunga Kemuning

bunga kemuning

bunga kemuning

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Divisi: Magnoliophyta

Super Divisi: Spermatophyta

Kelas: Magnoliopsida

Sub Kelas: Rosidae

Genus: Murraya

Famili: Rutaceae

Ordo: Sapindales

Spesies: Murraya paniculata

Syarat Tumbuh Bonsai Kemuning

"bibit

Untuk kalian yang ingin membudidayakan bunga kemuning sebagai tanaman bonsai, berarti kalian telah memilih pilihan yang tepat. Kenapa? Karena tumbuhan kemuning ini bisa tumbuh subur disemua jenis tanah, baik di daerah dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Selain itu, pohon kemuning juga sangat menyukai tempat-tempai yang lembab, karena habitat aslinya adalah di pinggiran sungai, kolam, danau dan tempat-tempat yang memiliki kelembapan yang cukup (sedang). Maka ketika kita ingi memindah bunga kemuning ke dalam pot, media tanan yang baik adalah menggunakan kompos dan juga tanah lempung.

Semua jenis pohon kemuning memiliki karakteristik yang sama, yaitu menyukai tempat yang lembab. Jadi, apabila kalian ingin menanam pohon kemuning, maka lebih baik siapkan dulu tempat yang pas dan memiliki kelembaban yang pas. Hal ini menunjukkan bahwa, bonsai kemuninbg membutuhkan pengairan yang cukup saat dipindahkan ke pot dan kalian harus menyiraminya 2 kali sehari saat musim kemarau.

Supaya bonsai kemuning bisa tumbuh subur dan sehat, maka perlu juga diperlakukan khusus yaitu salah satunya dengan pemupukan. Pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk kandang dan ditambah dengan pupuk kimia. Untuk penggunaan pupuk kimia sendiri dibatasi dengan cukup memberikannya 1 kali dalam sebulan dan untuk pupuk kandang bisa tiga bulan sekali.

Untuk pohon kemuning yang dibudidayakan menjadi tanaman bonsai dalam pot, maka direkomendasikan juga untuk rajin mengganti media tanam setiap enam bulan sekali. Pertumbuhan bonsai kemuning akan melambat apabila pot sudah dipenuhi dengan akar.

Selain mengganti media tanam, juga harus dilakukan reporing dengan cara memotong bola akar sekitar 5 cm melingkari pohon dan dengan menambahkan media tanam yang sedang dibutuhkan.

Pembudidayaan Bonsai Kemuning

Cara memperbanyak bonsai kemuning bisa kita lakukan dengan cara menyemai biji atau mencangkok pohon kemuninng itu sendiri. Cara-cara tersebutpun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut beberapa taham pembudidayaan bonsai kemuning:

Cara Menanam (Biji) Bonsai Kemuning dengan Polybag

buah pohon kemuning

buah pohon kemuning

  1. Untuk budidaya menggunakan biji, maka pilih biji dari buah kemuning yang warnanya sudah merah tua atau gelap. Setelah itu jemur sampai kering dan simpan di plastik atau toples agar tetap kering.
  2. Apabila ingin melakukan penyemaian dengan biji yang ada dipolibag dan bisa diletakkan dipekarangan rumah, maka berikan campuran pada media tanam yaitu dengan tanah dan kompos atau bisa juga pupuk kandang. Gunakan perbandingan 1:1
  3. Setelah itu, yang harus dilakukan adalah mengisi polybag dengan media tanam yang sudah dicampur dan dibagi secara rata.
  4. Setelah media tanam dan biji sudah siap, tahap selanjutnya adalah menanam biji terbesut ke polybag yang sudah diisi dengan media tanam tadi. Tutup biji bunga kemuning dengan media tanam sampai tidak terlihat dan jangan lupa untuk menyiramnya agar suhu dan kelembabannya terjaga.

Bonsai Kemuning dengan Cara Cangkok

"cangkok

Setelah belajar budidaya bonsai kemuning dengan cara menanam biji, maka berikutnya adalah dengan mencangkok.

Berikut langkah- langkah untuk penanaman secara cangkok:

  1. Pilih batang yang ukurannya minimal 1 telunjuk tangan orang dewasa dan yang arahnya tumbuh keatas
  2. Kemudian seperti cara mencangkok kebanyakan, kulit batang sepanjang 3 cm. Pastikan bagian kambium terbuang semua.
  3. Biarkan batang yang sudah dikerat tadi sekitar 1-2 hari
  4. Siapkan media tanam berupa tanah yang halus atau sabut kelapa. ketika menggunakan tanah, siapkan juga plastik sebagai penutup.
  5. Bungkus bagian batang yang sudah dikerat dengan plastik atau dengan sabut kelapa.
  6. Pastikan bagian ujung keratan juga terbungkus. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelembaban tanaman agar tumbuh dengan maksimal.

Pengendalian Hama Penyakit

bunga kemunung putih

bunga kemunung putih

Hama yang biasa menyerang bonsai kemuning adalah hama penggerek batang. Hama tersebut ada dan menyerang dibagian batang maka dari itu untuk pengendaliaannya terbilang sulit. Batang bonsai kemuning yang terserang hama akan layu dan kemudian mati. Hal ini terjadi karena jalur kambiumnya terputus. Apabila penggerek tersebut diketahui tempatnya, maka pembasmiannya akan bisa dilakukan dengan penyemprotan insektisida.

Selain hama penggerek, jamur juga merupakan hama yang suka menyerang bonsai kemuning. Apabila tidak segera dibasmi, jamur tersebut akan bersarang di akar karena lembab dan sangat disukai oleh jamur. Untuk membasminya bisa dengan penyemprotan fungisida.

Untuk pencegahan hama penyakit, kita juga bisa melakukan penyemprotan secara majemuk yaitu dengan cara mencampurkan fungisida, insektisida dan juga pupuk daun.

Keunggulan Bonsai Kemuning

"bunga

Tanaman kemuning ini memiliki beberapa keunggula, diantara:

  1. Karakteristik yang dimiliki oleh pohon kemuning adalah memiliki kulit yang berkerak seperti pohon yang sudah tua
  2. Bunga kemuning bisa berbunga sepanjang tahun dan bunganya memiliki aroma yang sangat wangi dan halus.
  3. Pohon kemuning memiliki perantingan yang banyak sehingga sangan cocok untuk dijadikan tanaman bonsai karean bisa tumbuh rimbun.
  4. Tanaman kemuning memiliki buah yang berwana kuning keorenan hingga merah. Ketika buah sudah berwarna merah tua, maka buah bisa dijadikan bibit.

 

Demilkian sedikit pembahasan tentang bonsai kemuning. Kita bisa memulai budidaya kemuning dengan menyiapkan lahan yang cocok atau media tanam yang sesuai. Untuk mendapatkan hasil bonsai pohon kemuning yang maksimal, kita harus memberikan perawatan yang maksimal pula.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua.
Sekian dan terima kasih.

Leave a reply "Tips Budidaya Bonsai Kemuning Tumbuh Rimbun dan Indah"

Author: 
author