banner 300x280

Kupas Tuntas Tata Cara Budidaya Jagung Manis [LENGKAP]

44 views
example banner

Jagung – salah satu komodita utama yang layaknya seperti bawang, padi, cabai, dan beberapa yang lainnya. Selain itu, jagung biasanya menjadi bahan makanan alternatif yang sering digunakan ketika harga beras melonjak tinggi

Sekarang ini ada banyak sekali varian atau jenis jagung yang biasa dipakai untuk bahan makanan, salah satunya adalah jagung manis. Selain itu masih ada juga petani yang menanam jagung biasa yang juga sering digunakan sebagai pengganti beras.

Dalam proses penanaman jagung manis sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja karena adanya hama penyakitlah yang menjadi musuh terbersar para petani jagung manis. Hama yang sering muncul pada tanaman jagung adalah belalang. Ketika ada kasus hama seperti itu, maka kemungkinan besar tanaman sudah tidak bisa ditolong lagi. Daun jagung manis akan habis dan menyebabkan tanaman jagung manis mati sehingga gagal penen.

Walaupun dalam pembudidayaan jagung manis terbilang mudah, tapi tetap saja jagung manis memerlukan kebutuhan perawatan khusus agar bisa memberikan hasil panen yang melimpah dan buahnya besar.

Syarat Wajib Dalam Menanam Jagung Manis

tanaman jagung ditanam di sawah

tanaman jagung

Sebelum dilakukan penanaman jagung manis, kita harus mengetahui apa saja yang diperlukan tanaman jagung menis tersebut. Selain harus tahu, kita juga harus menyiapkannya agar semua kebutuhan tumbuhan jagung manis terpenuhi. Berikut beberapa hal yang harus ada:

Tanah

Jagung manis adalah tanaman yang bisa hidup disemua jenis tanah asalkan tanah tersebut gembur, kaya akan humus dan pastinya subur. Tanah yang biasa diunakan untuk menanam jagung manis adalah tanah Latosl, Grumosol, Andosol, tanah berpasih dan tanah gambut.

Tanah yang baik untuk tanaman jagung manis adalah tanah yang memiliki Ph kurang lebih 5,5 hingga 7,5. Apabila ingin menghasilkan biji terbaik, maka bisa menggunakan Ph terbaik yaitu 6,8.

Suhu

Tanaman jagung bisa berkembang dengan baik pada suhu sekitar 21 hingga 30 derajat celcius, diamana suhu tersebut termasuk suhu optimum untuk masa perkembangan jagung manis. Namun ketika jagung pasa masa kecambah suhu optimalnya adalah sekitar 30 hingga 32 derajat celcius.

Curah Hujan

Jagung manis biasa hidup diadaerah dengann curah hujan yang sedang, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Curah hujannya sekitar  250 samoai 5000 mm. Apabila curah hujannya dibawah ini biasanya hasilnya akan kurang bagus dan relatif rendah atau sedikit.

Cahaya Matahari

Untuk paparan cahaya matahari sendiri diperlukan intensitasnya cahaya matahari yang tinggi agar bisa mendapatkan hasil yang bagus, kuat, dan tongkol yang besar. Peranan sinar matahari sendiri sangan berpengaruh saat pemasakan makanan atau fotosintesis yang kemudian akan disalurkan ke calon buah jagung manis.

Budidaya Jagung Manis

pohon jagung manis

pohon jagung manis

Untuk memulai budidaya jagung manis, kita harus mengerti dahulu bagaimana cara yang benar dan seperti apa tahap-tahapnya. Berikut tips dan langkah-langkah untuk melakukan pembudidayaan jagung manis:

Pemilihan Bibit

Langkap pertama yang harus dilakukan setiap akan dimulainya penanaman adalah pemilihan bibit. Begitu pula dengan jagung manis, kita harus memilih bibit yang sesuai dan juga berkualitas. Selain itu, lebih baik apabila bibit yang digunakan adalah bibit yang bukan berasal dari hasil panen karena bisa beresiko terhadap kualitasnya. Untuk mendapatkannya bisa beli di toko bibit atau toko pertanian kepercayaan kalian.

Beberapa alasan lain yang tidak menyarankan untuk menggunakan bibit hasil panen adalah karena tanaman jagung manis di masa sekarang ini sudah melalui beberapa metode yang bersangkutan dengan bahan kimia agar hasil panennya tinngi.

Namun ketika biji hasil panen digunakan sebagai bibit, maka akan menjadikan imbas yang cukup buruk pada regenerasinya. Hasilnya sendiri akan berbeda dengan dengan hasil panen sebelumnya yang telah dijadikan bibit.

Dalam penanaman jagung manis ini tidak perlu lagi dilakukan penyemaian. Ketika sudah mendapatkan bibit yang sesuai, maka bibit tinggal disebarkan saja dilahan yang sudah disiapkan.

Persiapan Tanah

Salah satu hal yang peling penting dilakukan sebelum penanaman jagung manis adalah persiapan tanah atau lahan. Hal ini adalah hal mutlak atau harus dilakukan agar bisa menghasilkan hasil yang bagus dan juga berkualitas.

Fungsi dari persiapan lahan sendiri adalah untuk membantu menggemburkan tanah dan bembantu untuk membasmi gulma secara lebih efektif. Ketika tingkat kegemburan tanah pas dan terhindar dari hama, maka tumbuhanpun bisa tumbuh dengan baik danhasilnya berkualitas.

Berikut langkah-langkah persiapan lahan yang perlu dilakukan:

  1. Cangkul lahan yang sudah kalian tentukan sebelum digunakan supaya tanah menjadi gembur dan diamkan sekitar 5 hingga 7 hari.
  2. Bersihkan gulma-gulma yang menempel pada tanah
  3. Tambahkan dolmot apabila kadar asam tanah terlalu tinggi ( Ph – 5) dengan dosis yang sesuai
  4. Tamabahkan pupuk kandang untuk membantu meningkatkan kesuburan tanah dan agar tanah memiliki kandungan unsur hara seperti kalium, fosfat, dan nitrogen.
  5. Apabila kalian menggunakan lahan bekas sawah, maka lahan bisa langsung digunakan dan jangan lupa buat saluran drainase (bisa menggunakan sistem bedengan).
  6. Buat lubang dengan kedalaman sekitar 5 cm dan pastikan jarak antara lubang yang satu dengan lubang yang lain tidak terlalu dekat. Jarak idealnya adalah kurang lebih 50 sampai 70 cm. Hal ini bertujuan agar tanaman jagung manis bisa mendapatkan sinar matahari secara merata.

Proses Penanaman Bibit Jagung Manis

Tahap selanjutnya adalah penanaman bibit jagung manis. Penanaman ini akan lebih baik jika dilakukan pada awal musim penghujan supaya bisa mendapatkan pengairan yang cukup. Jika dilakukan pada musim kemaraupun tidak apa-apa, tapi kalian harus menyiapkan pengairan secara optimal agar tidak kekeringan.

Cara penanamannya bisa dengan memasukan 1 sampai 2 benih kedalam 1 lubang yang telah dibuat. Setelah itu tutup lubang dengan menggunakan kompos dan berikan pengairan yang cukup. Idealnya untuk 1 hektar lahan membutuhkan kurang lebih 8 kg benih.

Tahap Perawatan Pohon Jagung Manis

tumbuhan jagung manis tumbuh besar

tumbuhan jagung manis

Perawatan adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh setiap petani jagung manis. Dengan rajin melakukan perawatan dan cara perawatannya benar, maka kemungkinan besar akan mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan.

Penyiangan

Tahap perawatan yang pertama adalah penyiangan. Pembersihan rumput yang ada di sekitar tanaman jagung manis sangatlah diperlukan agar pertumbuhannya tidak terganngu. Selain itu agar pupuk bisa diserap secara maksimal oleh tumbuhan jagung manis tersebut.

Tahap ini bisa dilakukan 2 minggu setelah bibit jagung manis ditanam. Penyiangan bisa dilakukan dengan menggunakan cangkul untuk mengoret tanaman liar dibagian bawah agar benar-benar bersih.

Pengairan

Air sangatlah diperlukan oleh semua tanaman. Pengairan sangat dibutuhkan ketika proses penanaman, pembungaan (umur 45-55 hari setelah penanaman) dan pengisian biji (umur 60 hingga 80 hari setelah penanaman)

Pada saat pembungaan, air yang banyak sangat dipelukan. Namun apabila air yang terlalu banyak justru akan membuat tanaman tidak bisa menghasilkan secara maksimal. Maka ketika curah hujannya tinggi, tidak perlu dilakukan pengairan.

Pemupukan

Tahap pemupukan biasany dimulai saat jagung manis tumbuh sekitar 30 cm. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan, kita perlu melakukan pemupukan dengan benar. Berikut yang harus dilakukan ketika pemupukan:

  1. Menggunakan pupuk NPK
  2. Apabila menggunakan pupuk yang unsur N, P, K nya terpisah maka camparkan terlebih dahulu sebelum diberikan ke tanaman jagung manis
  3. Pada setiap pohon jagung manis cukup berikan 1 genggam pupuk
  4. Taburkan pupuk dibagian bawah tanaman jagung manis secara merata

Penanganan Hama Penyakit

proses penyemprotan jagung manis

proses penyemprotan jagung manis

Bagian tanaman jagung manis yang diserang hama adalah akar, daun, bunga, dan biji jagung manis itu sendiri. Situasi ini sangat merugikan petani karena dengan adanya hama tumbuhan jagung manis tidak akan bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Hama yang sering menyerang tumbuhan jagung manis itu sendiri adalah lalat bibit, ulat daun, ulat tongkol, ulat tanah, ulat tentara dan penggerek batang. Sedangkan penyakitnya adalah cendawan, bercak ungu, karat dan bulai.

Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk penanganan hama penyakit ini adalah:

  1. Menggunakan teknik agronomi
  2. Menyemprotkan desinfektan sebelum bibit jagung manis ditanam
  3. Menggunakan musuh-musuh alami
  4. Menggunakan bibit jagung manis yang tahan terhadap hama penyakit

Tahap Panen

tumbuhan jagung manis berpohon tinggi

tumbuhan jagung manis berpohon tinggi

Waktu pemanenan jagung manis biasanya juga tergantung dari varietas jagungnya. Selain itu juga ada pengaruh dari ketinggian lahan tanam, cuaca saat masa petumbuhan dan suhu pemasakan biji. Biasanya jagung akan siap panen pada usia ke-7 minggu setelah tanaman jagung manis berbunga.

Ciri-ciri jagung manis siap panen:

  1. Usianya sudah cukup tua dan kulitnya mulai menguning
  2. Tidak ada bekas pencetan pada biji ketika biji dipencet atau ditekan
  3. Ukurannya sudah besar

Waktu yang tepat untuk memanen jagung manis adalah disaat tidak turun hujan, sehingga jagung bisa segera dimasukan dalam proses pengeringan.

 

Demikian artikel tentang budidaya jagung manis, semoga bisa bermanfaat dan menjadi contoh yang baik untuk para petani jagung.

Sekian dan terima kasih.

Leave a reply "Kupas Tuntas Tata Cara Budidaya Jagung Manis [LENGKAP]"

Author: 
author