banner 300x280

Cara Menanam Bunga Matahari Di Lahan Dan Di Dalam Pot

53 views
example banner

Bunga Matahari –¬†adalah tanaman yang berasal dari benua Amerika. Walaupun asli dari benua Amerika, tanaman bunga matahari sudah menyebar ke suluruh dunia sejak tahun 1.500 an. Selain itum bunga matahari adalah bunaga nasional yang berasal dari negara Ukraina dan juga bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serika.

Tanaman bunga matahari memiliki nama latin Helianthus annu L dan biasa digunakan untuk tanaman hias. Bunga matahari juga bisa dimanfaatkan bagian minyaknya dan juga bijinya (kuaci). Tanaman bunga matahari bisa ditanam di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi.

Di negara Indonesia, tanaman bunga matahari apabila akan ditanam dengan skala besar maka harus ditanam pada tempat yang tepat dan cocok seperti di daerah pegunungan. Mengapa pegunungan? Karena daerah pegunungan memiliki tingkan kelembaban udara yang cukup sekitar 80% sampai 90% dan bisa mendapat pancaran sinar matahari langsung.

Bunga matahari adalah salah satu jenis tanaman refugia. Tanaman ini bisa mendatangkan serangga predator dan juga parasitoidyang mampu mencegah datangnya hama penyakit. Bunga matahari telah menyiapkan nektar yang merupaka makanan dari serangga itu sendiri.

Untuk kalian yang suka dengan bunga matahari dan tertarik untuk membudidayakannya, maka kalian bisa medatkan biji atau bibitnya di toko-toko online seperti toko kami. Dari harganya yang tergolong mudah dan juga kualitasnya yang bagus.

Cara Menanam Bunga Matahari

kebun bunga matahari

kebun bunga matahari

Untuk mendapatkan tanaman yang berkualitas, maka perlu kita lalukan beberapa tahap yang sesuai dalam cara menanam bunga matahari. Berikut beberapa langkahnya!

Pemiihan Bibit Unggul

Seperti ketika kalian membudidayakan tanaman yang lainnya, langkah pertamanya adalah pemilihan bibit. Pilih biji yang berkualitas terlebih dahulu. Pemilihan bibit ini sangatlah penting karena akan mempengaruhi hasil pertumbuhan dan hasil panen bijinya. Apabila menggunakan bibit bunga matahari yang bagus, maka hasilnya juga akan bagus.

Untuk mendapatkan bibit yang bagus dan berasal dari indukan yang bagus pula, kalian bisa mendapatkannya di toko pertanian, toko nebih ataupun toko bunga kepercayaan kalian. Hal yang harus diingat adalah, jangan mudah tergiur dengan dengan harga yang murah.

Persiapan Media Tanam

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanam yang akan digunakan untuk menanam bunga matahari. Media tanamnya bisa dibuat dari campuran kompos dan juga tanah dengan perbandingan 2:1.

Persiapan media tanam ini akan lebih baik apabila dilakukan sebelum penyemaian bibit bunga matahari. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan nutrisi yang ada pada kompos yang bisa menyatu dengan tanah sehingga tanah tersebut menjadi subur dan cocok untuk media tanam bunga matahari.

Agar tanaman bunga matahari dapat tumbuh dengan maksimal, terlebih dahulu kalian lakukan penyemaian untuk memperoleh bibit yang unggul, karena semua tanaman tergantung pada kualitas bibit yang ditanam diawal. Bibit dapat diperoleh dari indukan pertama yang sudah memiliki umur yang sudah tua.

Penyemaian Bibit Bunga Matahari

Sebelum dilakukan penanama, maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah penyemaian bibit. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah pertama yang kalian lakukan dalam penyemaian adalah dengan menyiran media semai dengan air secukupnya. Media semainya adalah campuran tanah, kompos dan juga arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Setelah itu, taburkan bibit atau biji bunga matahari dan biarkan kurang lebih 30 hari. Setelah 30 hari penyemaian atau dikiran tanaman sudah mulai tumbuh dan tingginya mencapai 15 hingga 20 cm, maka bibit siap untuk dipindahkan ke media tanam.

Hal yang perlu diingat dalam masa penyemaian adalah penyiramannya. Penyeraman ini harus dilakukan secara rutin supaya tetap lembab karena kondisi yang lembab akan membantu proses pertumbuhan bibit bunga matahari.

Proses Menanam Bunga Matahari

bibit bunga matahari

bibit bunga matahari

Langkah berikutnya adalah cara menanan bunga matahari baik di lahan maupun di dalam pot. Nah, yang perlu kalian tahu adalah buunga matahari bisa juga ditanam didalam pot. Jadi apabila belum memiliki lahan yang luas kita bisa menggunakan pot.

Pada tahan penanaman ini, hal yang dibutuhkan adalah masalah kehati-hatian dan juga tingkat ketelitian yang tinggi. Kita cukup menunggu bibit semai hingga tumbuh sekitar 15-20 cm dan baru kemudian dipindahkan ke lahan atau pot yang sudah disiapkan.

Langkah ini sebenarnya hanya dibutuhkan tingkat kehati-hatian dan ketelitian yang tinggi. Kalian hanya tinggal menunggu bibit tumbuh hingga mencapai ukuran 15 hingga 20 cm untuk kemudian kalian pindahkan dari tempat persemaian bibit ke lokasi media tanam yang sebenarnya baik itu berupa pot atau lahan berupa bedengan.

Cara Menanam Bunga Matahari Di Lahan atau Bedengan

Untuk menanam tanaman bunga matahari di lahan bedengan, maka harus membuat lubang terlebih dahulu pada setiap bedengannya. Setelah lubang jadi, masukan bibit bunga matahari dengan hati-hati supaya akar dan bibitnya tidak rusak.

Setelah bibit dimasukan, langkah selanjutnya adalah menutup lubang dengan tanah dan tetap mempertahankan posisi bibit agar tetap tegak. Jangan lupa untuk sedikit memadatkan tanahnya, karena tanah yang padat juga bisa membantu bibit tetap berdiri tegak.

Cara Menanam Bunga Matahari Di Dalam Pot

Untuk kalian yang memiliki lahan terbatas, maka kalian bisa melakukan penanaman bunga matahari di dalam pot. Cara menanam bunga matahari didalam pot ini cukulah mudah.

Partama-tama kita pindahkan bibit yang tingginya sudah mencapai sekitar 20 cm dari tempat penyemaian kedalam pot. Sebelum dilakukakan pemindahan, hendaknya dilakukan penyiraman terlebih dahulu pada media penyemaiannya agar ketika dipindahkan bibit tidak rusak dan pecah.

Berikutnya adalah melubangi pot yang telah disiapkan dan masukkan campuran pupuk kandang dan tanah tadi. Selanjutnya masukkan bibit bunga matahari yang telah disemai dan siap dipindahkan.

Setelah bibit dimasukan, isi kembali dengan tanah hingga mencapai batas pangkal dari bibit bunga matahari. Lakukan juga penyiraman dengan air secara rutin setiap pagi dan siang hari.

Hal lain yang perlu diingat adalah meskipun tanaman bunga matahari memerlukan sinar matahari yang banyak, tanaman bunga matahari juga memerlukan pasokan air yang banyak namun jangan sampai menggenang.

Setelah selesai menanam, letakkan pot ke tempat yang bisa terjangkau sinar matahari dan biarkan sekitar 6 sampai 7 jam pada setiap harinya.

Cara Perawatan Bunga Matahari

kuncup bunga matahari

kuncup bunga matahari

Setelah bibit dipindahkan ketempat baru, maka bibit akan beradaptasi dengan media tanamnya yang baru. Dengan begitu, kita perlu memperhatikan dengan sungguh-sungguh pertumbuhannya saat ini.

Tanaman bunga matahari adalah tanaman yang memerlukan asupan air yang banyak, sehingga kita perlu menyiramnya secara rutin. Penyiraman ini bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam satu hari.

Hal ini hendaknya dilakukan pada saat cuaca sedang terik agar asupannya tidak berlebihan. Kombinasi dari pemberian air dan juga pancaran sinar matahari ini bisa membuat pertumbuhan dan perkembangat tanaman bunga matahari menjadi semakin cepat dan baik,

Selain penyiraman, perlu juga dilakukan pemberian suplemen tambahan yaitu pupuk. Pupuk akan diberikan saat usia tumbuhan sudah 2 bulan dan dilakukan secara rutin untuk bulan-bulan berikutnya. Apabila suatu saat ada tanaman bunga matahari yang terserang hama penyakit, maka hendaknya kita memberikan semprotan insektisida maupun pestisida.

Perlu diingat, pemberian pestisida atau insektisida harus sesuai dengan kebutuhan tanaman bunga matahari itu sendiri, jadi tidak boleh asal dalam pemberiannya.

 

Kurang lebih seperti itu cara menanam bunga matahari baik di lahan maupun di dalam pot. Semoga dengan adanya artikel ini, teman-teman bisa menanam bungan matahari dan mendapatkan hasil yang sesuai.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

  1. author

    dublaj1 month ago

    A big thank you for your blog. Thanks Again. Awesome. Carolee Byran Jenne

    Reply
  2. author

    hd film izle1 month ago

    The very best man is normally the grooms most trustworthy and faithful pal or relative. Ginger Stern Valerle

    Reply

Leave a reply "Cara Menanam Bunga Matahari Di Lahan Dan Di Dalam Pot"

Author: 
author