Keistimewahan dan Keunggulan Durian Matahari

Posted on

Durian Matahari – Kanapa dinamakan durian matahari? Karena durian mempunyai daging yang warnanya kuning keemasan seperti pancaran sinar matahari. Durian matahari merupakan salah satu jenis durian lokal yang termasuk unggulan dan berasal dari daerah Jawa Barat. Durian memiliki rasa yang manis dengan aromanya yang tidak begitu menyengat, berbeda dengan jenis durian petruk (jawa tengah) yang aromanya sangat menyengat.

Buah durian matahari memiliki daging yang tebal dan teksturnya berserat halus serta tidak berair. Satu buah durian bisa memiliki berat sekitar 2 hingga 3,5 kilogram. Durian matahari ini rata-rata memiliki 10 sampai 20 pongge yang berciri khas yaitu warna buahnya hijau kekuningan.

Durian matahari adalah salah satu jenis buah durian yang memiliki tingkat keproduktifan yang tinggi. Duarian ini juga mampu untuk menghasilkan buah dalam jumlah yang banyak ketika sudah berumur 20 tahun. Pohon durian ini juga termasuk tanaman yang kebal dan tahan terhadan serangan hama penyakit yang merugikan petani durian, sehingga bibit durian bisa tumbuh dan berbuah secara maksimal.

Ciri-Ciri Durian Matahari

"<yoastmark

Beberapa jenis buah durian tampak sekilah memiliki ciri-ciri yang mirip, walaupun begitu, pasti ada ciri-ciri tertentu yang bisa membedakan antara jenis yang satu dengan jenis yang lain.

Berikut ciri-ciri buah durian matahari:

  1. Memiliki bentuk bulat dan panjang
  2. Kulitnya berwarna hijau sedikit kecoklatan dan tebalnya 0,5 hingga 1 cm
  3. Bentuk durinya bengkong, runcing, berukuran besar dan jarang.
  4. Berat per buahnya sekitar 2 sampai 3,5 kg.
  5. Aroma buahnya tidak begitu menyengat dan berbeda dengan aroma durian yang lain.
  6. Memiliki biji yang cenderung kecil
  7. Daging buahnya bertekstur halus, tebal, berlemak dan kering
  8. Tinggi pohon durian matahari bisa sampai sekitar 25 meter dengan tajuknya selebar 15 meter.
  9. Termasuk tanaman buah yang tahan terhadap hama penyakit

Keunggulan Durian Matahari

"daging

Durian Lokal Nomer Satu

Durian matahari adalah durian yang bisa dikatagorikan sebagai durian lokal berkelas nomor wahid karena bersertifikat resmi dari Badan Pengawas Sertifikasi Benih (BPSB) provinsi Banten. Karena durian matahari sudah bersertifikat resmi, maka tidak perlu diragukan lagi keunggulan durian matahari ini.

Bercita Rasa Luar Biasa

Salah satu alasan buah durian matahari dijadika sebagai buah unggul, yaitu karena buah durian matahari memeliki rasa yang khas dan berbeda dari durian lain. Durian Matahari memiliki daging buah dengan rasa yang sangat diidam-idamkan oleh para pecintanya. Tidak hanya berdaging tebal tapi juga berbiji kecil. Bahkan ada juga orang yang membudidayakan durian tanpa biji, sehingga para pecinta bisa terpuaskan dengan buah kesukaan mereka.

Selain ketebalannya, durian matahari banyak disukai karena rasanya yang amat sangat manis dan juga teksturnya yang lembut, lembek namun tidak berair.Aromanyapun ringan tidak seperti durian lain yang bisa mengganggu, sehingga orang yang tidak suka aromanya bisa ikut untuk menyantap durian matahari ini.

Tahan Hama Penyakit

Keistimewaan lain yang dimiliki buah durian matahari ini adalah tidak mudah diserang oleh hama penyakit. Buah durian matahari terkenal berasal dari bogor yang bercurah hujan tinggi dan ikimnya basah, sehingga pohon durian matahari bisa memiliki ketahanan yang kuat terhadap serangan akar busuk. Selain itu juga bisa tahan dengan hama penggerek buah atau tirathoba sp.

Penyakit akar busuk biasanya banyak menyerang pohon yang tergenang air. Tapi karena bibit durian matahari berasal dari ilim yang basah dan curah hujan yang tinggi, maka tanaman buah ini bisa bertahan dan sudah terbiasa dengan supplai air yang berlebih.

Mudah untuk Dibudidayakan

"pohon

Durian matahari merupakan jenis durian yang mudah dirawat karena durian ini memiliki tipe yang tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan juga tidak rewel. Sebagai tanaman tropis, buah durian matahari bisa tumbuh hampir disetiap tempat di Indonesia. Tanaman buah ini hanya membutuhkan lahan yang punya unsur hara dan juga sinar matahari yang cukup. Dengan begitu bibit pohon durian matahari bisa tumbuh dengan optimal.

Namun, dengan adanya kemudahan seperti itu, jangan lupa juga untuk memberikan pupuk secara rutin agar bisa berbuah dengan lebih maksimal. Apabila ingin cepat dan berbuah lebat, maka jangan ragu untuk menambahkan hormon perangsang pembuahan dan pembungaan.

Tingkat Produktifitasnya Tinggi

Sebagai durian lokal, buah durian matahari ini termasuk dalam golongan tanaman buah yang tingkat keproduktifannya tinggi karena bisa berbuah ketika berumur 5 hingga 6 tahun. Kelebihan dalam tingkat produktinya, tanaman buah durian matarai juga termasuk dalam tanaman berbuah sepanjang tahun karena bisa berbuah dan panen 2 kali dalam setahun.

Pohon durian matahari memiliki umur yang cukup lama dan bisa mencapai sekitar 20 tahunan dan tingkat produktifnyapun tidak menurun. Pada usianya yang sudah mencapai 20 tahun, pohon durian matahari masih bisa berbuah sekitar 50 hingga 200 buah perpohonnya. Sangat menarik bukan???

Nilai Jual yang Tinggi

Walaupun durian matahari merupakan jenis durian lokal, tetapi harga jualnya juga tidak kalah dengan jenis durian impor lainnya. Dengan keunggulan rasa yang manis dan lezat, buah durian matahari ini juga banyak diburu oleh para pecinta durian. Wajar apabila buah durian matahari dihargai Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per kilogramnya. Jadi, dengan membudidayakan bibit durian matahari ini kita bisa membantu meningkatkan perekonomian dengan sedikit lebih mudah.

Banyak Manfaat

"buah

Tidak hanya enak dan lezat untuk disantap, buah durian matahari juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaatnya adalah:

  1. Membantu mengatasi sembelit dan mengurangi masalah pada pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada buah durian bisa membatu mengatasi masalah pada pencernaan kita, maka buah durian baik untuk dikonsumsi.
  2. Meningkatkan sel darah Merah. Dalam daging buah durian terdapat kandungan vitamin B9 dan asam folat yang nantinya akan membantu memproduksi sel darah merah sehingga bisa mengatasi anemia.
  3. Menjaga kesehatan tulang. Durian memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang, dan persendian seperti lutut dan ruas-ruas jari.
  4. Membantu mengatur keseimbangan tubuh. Kandungan mangan yang ada pada buah durian bisa membantu menstabilkan aliran darah yang ada dalam tubuh kita. Namu, buah durian juga kurang baik apabila dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan masalah pencernaan, kolesterol, diabetes dan hipertensi.
  5. Menjaga nafsu makan. Mengonsumsi buah durian bisa membantu untuk menjaga nafsu makan agar tetap teratur karena buah durian mengandung vitamin B1 yang sangat bermanfaat untuk pencernaan.
  6. Membantu meredakan stress dan depresi dengan kandungan vitamin B6 atau piridoksinya.
  7. Membantu menjaga kesehatan tiroid dengan kandungan tembaga didalamnya.
  8. Mencegah migrain karena durian matahari memiliki kandungan vitamin B2 dan senyawa iboflavin.

Dijadikan Daerah Agrowisata

Durian matahari adalah tumbuhan yang tidak bisa tumbuh dipekarangan karena buah durian matahari membutuhkan lahan yang luas. Dikhawatirkan karena bisa merusak pekarangan dan pondasi bangunan, maka sangat dianjurkan untuk menanam durian matahari di lahan khusus sehingga pertumbuhannya bisa optimal.

Beberapa tahun lalu, para petani meulai membudidayakan pohon durian matahari dengan skala besar dan menjadikannya sebagai daerah agrowisata. Salah satu daerah agrowisata yang ada di Indonesia adalah di Lebak, Banten Jawa Bawat. Menjadikan kebun durian sebagai daerah agriwisata bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Buah yang dihasilkan tidak hanya dipasarkan untuk para wisatawan saja, tapi juga untuk perusahaan-perusahaan yang telah bekerja sama dalam pemasaran hasil perkebunan tersebut. Jadi, untuk pemilik, pekerja atau masyarakat, dan para wisatawan bisa saling diuntungkan.

.

Demikian sedikit penjelasan pada artikel tersebut tentang Durian Matahari. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan Terima kasih.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *