banner 300x280

Mengenal Dan Belajar Menanam Pohon Jambu Jamaika

64 views
example banner

Jambu Jamaika merupakan salah satu jenis jambu yang terkenal di wilayah Indonesai. Salah satu keunggulan dari buah jambu Jamaika ini adalah kemampuan tumbuhnya yang bagus baik di daerah dataran tinggi maupun di dataran rendah. Bahkan bisa sampai ketinggian 1.200 mdpl.

Buah jambu Jamaika ini mampu berbuah secara terus-menerus disepanjang tahun. Masa berbunga jambu Jamaika biasa terjadi pada bulam Mei hingga bulan Juni. Setelah masa bunga, bisa dimulai untuk panen sekitar dua atau tiga bulan kemudian.

Bibit pohon jambu Jamaika bisa dikembangkan dengan cangkok maupun okulasi. Pohon jambu jenis jamika ini biasanya oleh para petani ditanam di kebun. Selain itu, banyak pula para penghobis jambu yang menanamnya di dalam pot.

Salah satu yang membuat para penghobis membudidayakan jambu jamaika ini adalah rasanya yang manis. Dengan begitu banyak sekali yang suka makan jambu. Selain bisa dimakan sendiri, nantinya juga bisa dijual pada para pecinta buah terutama buah jambu.

Sejarah Jambu Jamaika

jambu jamaika siap panen

jambu jamaika siap panen

Jambu Jamaika memiliki nama latin Syzygium malaccense dan juga disebut dengan “jambu bol jamaika”. Entah mengapa jambu ini disebut dengan jambu bol jamika yang nyatanya merupakan buah endemik di Asia tenggara.

Beberapa literatur ada yang menyebutkan bahwa jambu bol jamaika ini berasal dari daerah Semenanjung Malaka (Malaysia) dan sudah lama bayak ditanam di daerah Jawa dan Sumatra.

Persebaran buah jambu jamaika kini sudah diberbagai wilayah Asia seperti Filipina, Thailan, dan juga negara-negara Indocina lainnya. Selain itu, buah jambu jamaika juga terkenal sampai ke daerah India dan juga Benggala (Bangladesh).

Oleh para bangsa Portugis yang telah mengenal jambu ini, dibawalah dari daerah Malaka ke Gowa dan dibawa terus hingga ke daerah Afrika Timur.

Klasifikasi Jambu Jamaika

buah jambu jamaika muda

buah jambu jamaika muda

Kingdom: Plantae.

Subkingdom: Tracheobionta.

Superdivisi: Spermatophyta.

Divisi: Magnoliophyta.

Subdivisi: Angiospermae.

Kelas: Magnoliopsida/Dycotiledon.

Subkelas: Rosidae.

Ordo: Myrtales.

Famili: Myrtaceae.

Genus: Syzygium.

Spesies: Syzygium malaccense

Sinonim: Eugenia malaccensis, Acca malaccensis, Eugenia domestica Baill.

Nama lain: Jambu bol, jambu kepal, jambu jamaika, jambu merah, dan jambu dersono.

Syarat Tumbuh Jambu Jamaika

buah jambu jamaika berwarna merah

buah jambu jamaika berwarna merah

Secara umum, jambu bol adalah tanaman dataran rendah yang mampu hidup pada ketinggian 1200 mdpl. Tanaman jambu jamaika membutuhkan suplai air yang cukup sehingga akan tumbuh dengan baik apabila ditanam dekat kolam maupun aliran air.

Pohon jambu jamika biasanya membutuhkan pancaran sinar matahari kurang lebih 40 hingga 80%. Berikan pengairan sedang dan curah hujan yang dibutuhkan 500 – 3000 mm/tahun. Temperatur yang ideal adalah 18 – 28oC serta kelembapan udaranya 50 – 80%.

Tanaman jambu jamaika ini menyukai tanah yang subur, gembur, dan juga berlempung. Selain itu, jambu jamaika juga suka dengan tanah yang banyak mengandung bahan organik dengan drainase yang baik.

Tipe tanah yang terbaik untuk tumbuhan jambu jamaika adalah inseptisol. Bisa juga menggunakan tanah ultisol dan oksisol (podsolik merah kuning) apabila dilengkapi dengan tambahan pupuk dan kapur. Tingkat keasaman tanah (pH) yang diperlukan tanaman jambu jamaika adalah 5,5 – 7,5.

Cara Menanam Jambu Jamaika

pohon jambu jamaika

pohon jambu jamaika

Pemilihan Bibit

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum penanaman adalah pemilihan biji yang akan digunakan sebagai bibit. Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka kita juga perlu menggunakan bibit yang baik dan berkualitas pula.

Pilihlah bibit dari buah yang sudah matang dan berasal dari pohon yang usianya sekitar 15 tahun atau lebih. Bibit tersebut kemudian dikeringkan selama kurang lebih 1 hingga 3 hari di tempat yang tidak terlalu panas.

Penyemaian Biji

Ketika biji sudah mulai kering, maka langkah selanjutnya adalah penyemaian. Untuk proses ini kita bisa menggunakan bedengan ataupun polybag semai, tergantung dengan selera kita masing masing.

Untuk media tanahnya, bisa kita gunakan tanah yang biasa kita gunakan untuk menanam tumbuhan lainnya. Sangat disarankan untuk menggunakan tanah yang benar-benar subur.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat melalui tahap perawatan bibit adalah seperti yang dibawah ini. Namun sebelumnya ada yang harus diingat yaitu ketika kondisinya biasa saja, maka pemeliharaannya sedikit berbeda. Perawatan yang intensif juga sangat perlu dilakukan ketika ada bibit yang kurang bagus.

  1. Lakukan penyiraman secara teratur, yaitu setiap 1 sampai dua kali dalam sehari. Anda bisa melakukannya pada pagi maupun sore hari. Namun jika pada waktu itu daerah anda mengalami musim hujan, maka biasanya cukup dilakukan penyiraman sekali saja.
  2. Penyiraman yang anda lakukan harus bergantung pada jumlah gulma yang tumbuh.
  3. Pemupukan dilakukan untuk setiap 3 bulan dengan menggunakan pupuk urea, KCl dan juga SP 36 dengan perbandingan masing – masing 2:1:1.
  4. Jika menggunakan bedengan, maka pemupukan dengan dosis 50- 100 g/m2 dan jika misalnya menggunakan polybag, maka diberi sebanyak 4 g/polybag.
  5. Penyemprotan dilakukan menggunakan pestisida dengan memperhatikan konsentrasi antara 30% sampai 50% dari dosis yang sudah dianjurkan. Jika misalnya kondisi cerah, maka anda harus membuka sungkup secara berangsur – angsur agar supaya tanaman bisa beradaptasi dengan baik.

Tahap Penanaman

Sekarang kita masuk kepada bagaimana cara menanam Jambu Bol dari biji. Adapun langkah–langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut ini:

  1. Sebelum anda masuk ke proses penanaman, hal yang harus anda perhatikan adalah anda harus membuat lubang tanam yang juga harus diberi insektisida dan juga Furadan 3G sebanyak kurang lebih 100 gram kemudian anda campur dengan pupuk urea dan SP 36 serta KCl dengan perbandingan 2:1:1 sebanyak kurang lebih 100 sampai dengan 150 gram.
  2. Langkah kedua adalah anda harus melepaskan polybag secara perlahan – lahan dan jangan sampai rusak.
    Selanjtunya anda masukkan bibit tanam tadi ke dalam lubang tanam dan kemudian anda timbun, setelah itu anda siram. Atau juga bisa anda siram terlebih dahulu dan baru kemudian anda timbun bibit tersebut sampai pada bagian pangkal.
  3. Kemudian yang harus anda lakukan adalah dengan memadatkan tanah disekitar batang dan lalu anda beri tiang penyangga pada bagian kanan serta kiri tanaman.

Perawatan Jambu Jamaika

bakal buah jambi jamaika

bakal buah jambi jamaika

Saat jambu bol jamaika dalam kondisi yang baru saja tumbuh dan masih muda, maka perlu dilakukan penyiraman kurang lebih 1 hingga 2 kali sehari. Ketika pohonnya sudah lebih tinggi dan memiliki akar yang lumayan, maka penyiramannya cukup dilakukan 1 hingga 2 kali dalam satu bulan.

Selain itu hal yang harus kita perhatikan adalah cara penyiraman yang nantinya akan kita lakukan. Penyiraman dilakukan dengan menyemprotkan air pada bagian tajuk tanamannya.

Tahap Panen

panen jambu jamaika

panen jambu jamaika merah besar

Pohon jambu jamaika merupakan jambu yang bisa berbuah sepanjang tahun. Setiap masa panen dan kurang lebih 1 bulan kedepannya akan mulai bersemi lagi bunganya.

Pada setiap tahunnya tanaman jambu jamika bisa berbuah lebat dan panen raya sekitar 4 kali. Namun setelah itu biasanya juga diselingi dengan panen susulan yang hasilnya tidak terlalu banyak seperti panen yang sebelumnya.

Setiap panen pohon jambu jamaika bisa menghasilkan lebih dari seribu buah buah jambu yang matang. Setiap satu buah jambu beratnya bisa hingga 300 gram. Sehingga setiap masa panen bisa menghasilkan 3 kwintal buah dari setiap pohonnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan cara menyiram Jambu Bol dari biji. Dengan mengetahui informasi ini bisa membuka wawasan anda sehingga kemudian anda bisa membudidayakannya dan kemudian anda akan mendapatkan hasil atau keuntungan yang memuaskan.

Sekedar informasi bahwa kemungkinan masih ada hal lainnya yang belum kami sebutkan. Oleh karena itu, jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih detail mungkin anda bisa bertanya kepada seseorang yang sudah pernah meakukan penanaman Jambu Bol.

Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

  1. author

    dublaj1 month ago

    Great article! We are linking to this great content on our site. Keep up the great writing. Gisella Calvin Montagu

    Reply
  2. author

    yify1 month ago

    We stumbled over here different page and thought I might check things out. Catriona Arron Engracia

    Reply
  3. author

    hd film izle1 month ago

    Hello! I simply wiush to offer you a huge thumbs up for your excellent information yyou have here on this post. Rosanne Conway Haywood

    Reply

Leave a reply "Mengenal Dan Belajar Menanam Pohon Jambu Jamaika"

Author: 
author