banner 300x280

3+ Jenis Buah Tin yang Bisa Dibudidayakan Di Indonesia

13 views
example banner

Buah Tin – merupakan jenis buah yang berasal dari Asia Barat. Buah tin juga termasuk obat yang banyak dikonsumsi sebagai obat-obatan. Nama buah tin ini diambil dari bahasa Arab dan juga dituliskan di dalam Al Qur’an.

Menurut para ahli ilmu pengetahuan, buah tin mengandung banyak sekali zat sejenis alkalin dan bisa membantu untuk mengurangi keasaman tubuh. Kandungan zat-zat aktif yang ada dalam buah tin bisa digunakan untuk membersihkan dan mengobati luka.

Unsur-unsur yang terkandung di dalam buah tin adalah karbohidrat, minyak, protein,zat besi, fosfor, kalium, yodium, magnesiaum, chlorin, belerang, asam malic dan nicotinic.

Di Indonesia buah tin ini memiliki sebutan lain yaitu buah ara (pohon ara). Banyak orang yang percaya apabila buah tin bisa berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia, karena dapat beragam khasiat yang terkanduang di dalamnya.

Jenis buah tin sendiri terdapat kurang lebih 50 buah varietas di berbagai belahan dunia. Namun, sejauh ini buah tin masih jarang dibudidayakan. Untuk di Indonesia jenis buah tin yang banyak ditemukan yaitu berwarna hijau muda dengan daging buah berwarna merah.

Jenis-Jenis Buah Tin

jenis buah tin buah surga

jenis buah tin buah surga

Buah Tin memiliki banyak sekali julukan sehingga masyarakat awan menjadi sedikit bungung. Terkadang satu jenis buah tin diberikan nama yang berbeda. Maka dari itu kita warga Indonesia yang ingin membudidayakan buah tin, hendaknya langsung melihat postingan beserta gambar yang berasal dari petani Indonesia. Kenapa? Karena apabila kita melihat dari postingan negara lain, bisa jadi ketika ditanama di Indonesia jenis buah tin tersebut tidak bisa tumbuh dengan maksimal.

Berikut beberapa jenis buah tin yang ditanam di dataran Indonesia:

Buah Tin Purple Jordan

jenis buah tin purple jordan dari Yordania

jenis buah tin purple jordan dari Yordania

Buah tin jenis purple jordan adalah jenis buah tin yang berupa bibit unggul dari Yordania. Tin purple jordan memiliki ukuran buah yang cukup besar dengan beratnya sekitar 50 hingga 70 gram. Tanaman tin purple jordan ini sudah mulai mudah beradaptasi dan bisa tumbuh di Indonesia. Kita bisa menanamnya langsung di kebun atau bisa juga di dalam pot.

Karakteristik yang dimiliki oleh jenis buah tin purple jordan adalah kulitnya berwarna ungu dan memiliki rasa yang manis. Daun yang dimiliki  buah tin purple jordan adalah daun menjari dengan tiga ruas, berbeda dengan daun buah tin jenis lainnya.

Buah Tin Green Jordan

"<yoastmark

Buah tin jenis green jordan hampir seperti buah tin jenis purple jordan. Tin green jordan memiliki kulit berwarna hijau dan rasanya manis. Karena dikenal dengan rasanya yang manis, jenis buah tin green jordan ini sering dijadikan sebagai selai, manisan, dan dijadikan buah tin kering menjadi seperti kismis.

Dari segi rasanya, buah tin green jordan lebih unggul dengan tekstur yang sangat legit. Salah satu perbedaannya lagi dari buah tin purple jordan adalah ruas daun buah tin greenjordan seperti buah tin pada umumnya yaitu berjari lima.

Ukuran buah tin green jordan ini lebih kecil daripada purple jordan, yaitu kurang lebih 40 hingga 60 gram. Bibit dari buah tin yang berasal dari Yordania ini termasuk dalam bibit unggul dan terbaik dari daerah asalnya dan sekarang sudah mulai bisa tumbuh di Indonesia.

Buah Tin Brown Turkey

buah tin brown turkey

buah tin brown turkey berasal dari Turki

Tanaman buah tin jenis brown turkey adalah jenis buah tin yang mudah rusak dan retak apabila terkena banyak air. Jadi, jika kalian ingin mencoba membudidayakan buah tin ini maka lebih baik ditanam di daerah yang curah hujannya rendah.

Seperti namanya, buah tin brown turkay ini berasal dari  Turki dengan ciri kulit buah yang berwarna coklat kehitanam. Warna daging buahnya yang merah menunjukkan bahwa rasanya manis. Buah tin brown turkey ini adalah salah satu jenis yang ukurannya kecil dan beratnya sekitar 50 hingga 60 gram.

Buah Tin Blue Giant

jenis buah tin blue giant

jenis buah tin blue giant

Seperti namanya, jenis buah tin ini memiliki berat kurang lebih 70 hingga 80 gram. Kulit buahnya berwarna merah dan coraknya seperti garis yang warnanya kebiruan.

Buah tin blue giant mempunyai rasa yang manis dan teksturnya juga empuk. Tanaman buah tin ini sangat dikenal dengan keproduktifannya dan bisa menghasilkan buah lebih banyak.

Buah Tin Khrutmani Palestine

jenis buah tin khrutmani palestine berwarrna merah kehitaman dari israel

jenis buah tin khrutmani palestine berwarrna merah kehitaman

Jenis buah tin ini walaupun naman khrutmani palestina tapi asalnya adalah dari Israel. Hampir mirip dengan jenis blue giant, ukurannya besar dan berat buahnya sekitar 70 hingga 80 gram. Buah tin ini berwarna merah kehitaman dengan cita rasa yang manis. Pohonnya tumbuh dengan sangat produktif dan sangat cocok apabila dibudidayakan di Indonesia.

Budidaya Buah Tin

panen buah tin

panen buah tin

Untuk mendapatkan hasil tanam yang maksimal, maka kita harus mengetahui bagaiman cara yang benar. Berituk adalah beberapa cara budidaya buah tin:

Pembibitan

Budidaya buah tin bisa dilakukan dengan menggunakan 3 teknik agar bisa dikembangkan. Pembibitan bisa dilakukandengan biji, dengang cangkik dan stek batang.

Perbanyakan dengan Biji

  1. Ambil biji buah yang sudah tua dan mengering. Jemur bijinya dan simpan.
  2. Setelah biji selesai dijemur, masukkan biji kedalam air agar bisa diketahui kualitasnya. Biji yang mengambang menandakan bahwa biji tersebut kurang baik dan yang tenggelam adalah biji berkualitas.
  3. Setelah  itu siapkan media semai dengan memanfaatkan polubag atau lahan pendederan. Gunakan media dengan campuran tanah, pupuk kandang, sekam, dan pasir dengan perbandingan 2 : 2 : 1.
  4. Tabarkan biji tadi diatas media semai dan tutup dengan tanah tipis hingga merata.
  5. Lakukan penyiraman secara rutin. Bibit akan mulai berkecambah diusia 3 minggu dan pindahkan ke lahan permanen setelah tingginya mencapai 15 cm.

Perbanyakan dengan Cangkok

  1. Pilih pohon tin yang batangnya masih muda dan hijau
  2. Siapkan plastik transparan dan balut batang yang akan dicangkok dengan sabut kelapa yang sudah dibungkus dengan plastik transparan.
  3. Usahakan panjang cangkokan antara 10 hingga 15 cm
  4. Ikat media cangkok bagian ujung dan pangkal dengan menggunakan tali.
  5. Siram media cangkok setiap hari secara rutin. Diumur 30 hingga 45 hari cangkokan akan memiliki banyak peranakan sehingga pindahkan ke media baru.

Perbanyakan dengan Stek Batang

  1. Pilah jenis batang yang sudah tua dan kokoh, kemudian potong batang atau cabangnya dengan ukuran 10-15 cm dengan cara dipotong miring.
  2. Lakukan persemaian bibit buah tin pada media pasir dan kompos.
  3. Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin pada media tanam. Setelah 45 hari, pohon tin akan tumbuh banyak batang sehingga siap untuk dipindahkan ke lahan yang baru.

Penyiapan Area Tanam

Penyiapan lahan tanam untuk buah tin bisa dilakukan dengan  cara memanfaatkan pot sebagai media tanamnya atau bisa juga dengan memanfaatkan lahan terbuka, dengan masing-masing keunggulannya sendiri.

Untuk media tanam, gunakan tanah yang subur dan baik dan tambahkan pula pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, Kemudia letakkan pot di daerah yang mudah terjangkau oleh sinar matahari.

Pemanfaatan lahan terbuka bisa dilakukan dengan membuatkan lubang tanam dengan ukuran sekitar 50cm x 50cm dan kedalamannya 50-60cm.

Sebelum media tanam digunakan, isi lubangnya dengan pupuk kandang dan campuran sekam padi kemudian biarkan selama 1-2 minggu sehingga menggemburkan tanah.

Keunggulan dengan memanfaatkan media pot adalah hasil panen buahnya yang lebih cepat serta pohonnya yang bisa dikontrol dengan baik, nutrisinya akan terserap dengan sempurna oleh pohon dan juga tidak membutuhkan lahan yang cukup luas.

Penanaman dan Perawatan

Bibit yang tumbuh sudah besar dan bisa dipindahkan ke dalam pot, kemudian ditutup dengan menggunakan tanah dan dipadatkan. Adaptasi dari buah tin ini sebenarnya ada di daerah yang panas sehingga tidak perlu terlalu banyak air khususnya pada musim penghujan.

Lakukan penyiraman apabila terjadi kemarau dan buah tin memerlukan asupan air. Dilakukan juga pemupukan pohon tin pada awal tanam dan pada saat berumur 2 tahun.

Hal ini berguna untuk mengurangi kerontokan daun buah tin dan mempercepat proses pembuahannya.

Pemanenan

Tahap pemanenan buah tin di usia 4-5 bulan setelah tanam. Saat musim panas, pohon ara atau pohon buah tin akan menghasilkan lebih banyak buah dan akan lebih cepat matang. Pohon buah tin dewasa tumbuh dengan ketinggian mencapai sekitar 35 meter.

 

Jadi untuk kalian yang ingin membudidayakan buah tin maka pilih jenis buah tin yang sesuai dengan karakter dan sifat bibitnya. Pilih bibit yang cocok dengan iklim dan kondisi tanah di Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan terima kasih.

Leave a reply "3+ Jenis Buah Tin yang Bisa Dibudidayakan Di Indonesia"

Author: 
author