banner 300x280

5+ Jenis Kelengkeng yang Banyak Dibudidayakan Di Indonesia

12 views
example banner

Kelengkeng – merupakan salah satu tanaman yang berbentuk bulat dan memiliki daging buah berwarna putih. Buah ini sangat tersohor karena rasanya yang sangat manis dan membuat para pecinta kelengkeng slalu berburu dimusim panen. Buah kelengkeng ini bisa dikonsumsi langsung dan bisa juga dijadikan sebagai campuran es buah yang segar.

Tanaman kelengkeng adalah jenis buah yang berasal dari Asia Tenggara. Hasil buah kelengkeng ini tumbuh dengan cara menggerombol di bagian malainya dan besarnya kurang lebih sebesar kelereng. Rata-rata buah kelengkeng memiliki kulit berwarna coklat muda dengan bintik-bintik hitam, namun ada juga yang kulitnya merah. Daging buahnya berwarna putih bening dan bijinya berwarna hitam.

Dengan berbagai keistimewaannya, buah ini banyak digemari masyarakat hingga banyak yang membudidaykannya, baik secara besar-besaran atau hanya untuk tanaman sendiri saja. Mau coba budidaya kelengkeng?

Sebelum membudidayakan pohon kelengkeng, baiknya kita harus mengenal dulu apa saja jenis-jenis kelengkeng. Pilih jenis kelengkeng yang cocok tumbuh di tanah dan iklim Indonesia agar bisa tumbuh dengan maksimal. Usahakan juga pilih bibit jenis kelengkeng unggul agar hasilnya juga lebih memuaskan.

Apa saja sih jenis-jenis kelengkeng unggul?

Jenis-Jenis Kelengkeng Unggul

Ada beberapa jening kelengkeng unggul yang harus kalian tau karena kelengkeng ini sangat diminati oleh para penggemar buah-buahan. Dengan membudidayakannya, buah ini bisa dikonsumsi sendiri dan bahkan bisa untuk dijual.

Beberapa diantaranya adala:

Kelengkeng New Kristal

tanaman kelengkeng jenis new kristal

tanaman kelengkeng jenis new kristal

Kelengkeng New Kristal adalah kelengkeng yang tersohor akan keunggulannya dan bisa menghasilkan buah dengan dompolan yang sangat banyak. Setiap satu dompolnya bisa menghasilkan buah dengan berat 3 – 4 kg. Keunggulan kelengkeng new kristal lainnya adalah daging buahnya yang bening transparan. Daging buahnyalebih tebal, kenyal, dan cenderung kering. Cita rasa jenis kelengkeng new kristal ini super manis.

Buah Kelangkeng New kristal atau yang sekarang telah dikenal sebagaii kelengkeng kateki ini merupakan jenis kelengkeng modern, yang artinya dalam satu pohon sudah bisa ada bunga jantan dan bunga betina. Jadi cukup dengan menanam satu pohon saja, pohon kelengkeng sudah bisa dipastikan dapat berbuah.

Keunggulan Kelengkeng New Kristal

  1. Daun: Tipis, panjang sekitar 19-23 cm, lebar 5-6 cm, hijau muda, mirip dengan kelengkeng itoh
  2. Tajuk: Menjuntai kebawah seperti terkulai lemas
  3. Buah: Daging buah tebal sekitar 4-5 mm, kenyal, kering, kadar gula 23 briks
  4. Masa berbuah: 3 tahun setelah bibit berhasil disambung
  5. Produktivitas: berbuah sekitar 35-48 kg/pohon dari pohon berumur 3 tahun

Kelengkeng Diamond River

buah kelengkeng Diamond River siap panen

buah kelengkeng diamond river

Jenis Kelengkeng Diamond River adalah kelengkeng yang terkenal karena buahnya yang memiliki rasa manis dan sifatnya yang genjah/cepat berbuah. Tekstur daging buahnya berair dan punya aroma yang khas. Pohonnya memiliki banyak cabang dan tajuk daunnya sangat rimbun.

Jenis kelengkeng ini sangat cocok jika ditanam di halaman rumah untuk membantu merindangkan halaman. Warna daunnya hijau cerah, dan lebarnya sekitar 4 cm sedikit bergelombang di bagian tepinya. Dalam satu tahun, buah kelengkeng diamond river bisa berbuah sekitar 5-10 kg. Karena buahnya yang cenderung berair, jenis kelengkeng diamond river jadi mudah busuk.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Diamond River

  1. Daun: Buah kelengkeng jenis Diamon river cenderung mempunyai tajuk daun yang rimbun dan melebar ke samping. Ciri khas daun kelengkeng diamond river adalah berwarna hijau cerah, lebar, dan ciri yang paling dominan adalah bagian tepi daunnya sedikit bergelombang
  2. Percabagan: Pohon kelengkeng Diamond River ini percabangannya cukup banyak, jadi sangat cocok apabila di tanam di dalam pot atau dijadikan tabulampot.
  3. Buah: Kelengkeng varietas Diamon river ini buahnya cenderung berair, Jadi, sehabis menikmati buah kelengkeng ini di tangan akan terasa sedikit lengket.

Kelengkeng Merah atau Ruby Longan

pohon kelengkeng merah

pohon kelengkeng merah

Jenis kelengkeng merah adalah salah satu tanaman buah yang tergolong ekslusif. Kelengkeng ini mempunyai keistimewaan yang terletak pada tampilan buahnya yang sangat menarik. Coba bayangkan hampir semua bagian pohon berwarna merah yang merona, mulai dari daun, batang hingga buahnyapun juga berwarna merah.

Kelengkeng merah atau yang biasa sering dikenal dengan sebutan kelengkeng rubi longan ini sangat cocok apabila ditanam di dalam pot atau tabulampot. Postur pohonnya yang pendek dan sifatnya yang genjah, rajin berbuah menjadikannya keunggulan tersendiri. Alasan lain yang membuat kelengkeng merah ini semakin istimewa adalah jenis kelengkeng ini memiliki citarasa yang tingkat kemanisannya paling tinggi dan bisa mencapai 21 briks.

Kunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Merah atau Ruby Longan

  1. Daun: Lurus, agak tebal, berwarna merah kecokelatan
  2. Tajuk: Postur Pendek, Rimbun dan Rajin berbuah
  3. Buah: Berwarna merah seronok, Daging buah tebal, kering, kenyal, kadar gula 21 briks
  4. Masa berbuah: 3,5 tahun dari bibit hasil sambungan
  5. Produktivitas: berbuah sepanjang tahun dari pohon berumur 1 tahun

Kelengkeng Itoh

buah kelengkeng itoh

buah kelengkeng itoh

Tanaman kelengkeng itoh memiliki keunggulan dengan daging buahnya yang tebal, berbiji kecil dan agak kering. Selain itu, tekstur dari dagingnya sendiri lembut serta memiliki rasa yang manis. Tidak heran kelengkeng jadi salah satu kelengkeng unggulan yang layak dibudidayakan karena banyak yang bilang pohon kelengkeng itoh merupakan hasil persilangan antara jenis kelengkeng diamond river dengan jenis kelengkeng puangray yang berasal dari Thailand.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Itoh :

  1. Daun: Bentuk daunnya lurus, sedikit lebih tebal, panjangnya 18-22 cm, dan memiliki lebar 5-6 cm
  2. Tajuk: Percabangannya rimbun, dan cabangnya menjuntai seperti terkulai lemas
  3. Buah: Bagian Buahnya memiliki aroma yang wangi dan buahnya kurang lebih seukuran uang logam Rp500, dagingnya kering, tebal, dan berbiji kecil
  4. Masa berbuah: Kelengkeng ini bisa berbuah diusia 3,5 tahun dari bibit hasil sambungan
  5. Produktivitas: DAlam sekali panen bisa menghasilkan 12 kg/pohon dari pohon berumur 3,5 tahun.

Kelengkeng Pingpong

tanaman buah kelengkeng pimpong

tanaman buah kelengkeng pimpong

Tanaman buah jenis kelengkeng Pingpong sangat terkanal karena ukuran buahnya besar dan hampir sebesar bola pingpong. Buah yang dihasilkannya memiliki daging yang tipis dan berbiji besar. Selain itu, Aroma dari kelengkeng pimpong sangat khas dan banyak yang bilang kalau jenis kelengkeng pingpong ini sangat-sangat manis. Hanya saja cabangnya jarang-jarang dan tumbuhnya  memanjang. Sehingga kalau gak diatur dan dipangkas rapi sejak awal, pohon kelengkeng pingpong bisa memakan tempat.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Pingpong

  1. Daun: Bentuk daunnya oval, panjangnya sekitar 11 cm, lebar kurang lebih 4 cm, dan tepi daunnya melengkung,
  2. Tajuk: Cabangnya cenderung ngelancir
  3. Buah: Besar buahnya seukuran dengan bola pingpong, dagingnya tipis, biji besar, kering, dan beraroma khas.
  4. Masa berbuah: Mulai berbuah sejak 1 tahun dari bibit hasil sambungan
  5. Produktivitas: Dalam sekali panen bisa menghasilkan 1 kg/pohon dari pohon berumur 7-8 bulan

Kelengkeng Puangray

buah kelengkeng puangray

buah kelengkeng puangray

Pohon kelengkeng Puangray memiliki keunggulan dari rasa buahnya yang manis seperti jenis kelengkeng diamond river dan jenis kelengkeng pingpong. Selain itu, tekstur buahnya cenderung kering. Ukurannya besar seperti jenis kelengkeng pingpong namun bijinya kecil. Kelengkeng Puangray berasal dari dari Thailand.

Menurut banyak orang, kelengkeng puangray merupakan perpaduan antara kelengkeng diamond river dan kelengkeng pingpong. Keunggulan lain yang dimiliki adalah sifatnya yang genjah. Jenis kelengkeng ini bisa berbuah pada umur satu tahun dengan frekuensi berbuah yang tinggi walaupun tanpa perlakuan khusus.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Puangray :

  1. Daun: Bagian daun muda bentuknya lurus dan datar, sedangkan daun tua bagian tepinya melengkung
  2. Tajuk: Pertumbuhan cenderung keatas, memiliki cabang yang lebih liat, dan cocok untuk tabulampot
  3. Buah: Daging buahnya tebal sekitar 5 mm, suka berada dibeberapa tempat berair
  4. Masa berbuah: Mulai berbuah umur 1 tahun dari bibit hasil sambungan
  5. Produktivitas: Bisa menghasilkan 20 kg/pohon dari pohon berumur 5 tahun (pot)

Kelengkeng Aroma Durian

buah kelengkeng aroma durian

buah kelengkeng aroma durian

Kelengkeng aroma durian memiliki keunggulan dari aromanya yang harum seperti buah durian. Rasanya juga hampir mirip  seperti buah durian setengah matang. Jenis kelengkeng aroma durian sering disebut sebagai kelengkeng mata naga. Buah kelengkeng ini memiliki kulit yang berwarnya putih dan tipis, serta daging buahnya tebal dan berbiji yang kecil.

Selain itu, daunnya kaku dan berwarna hijau tua. Kelengkeng aroma durian dipercaya ada pertalian dengan kelengkeng varietas pingpong. Jenis kelengkeng ini percabangannya sangat banyak, sehingga sangat mudah untuk bisa membuat kelengkeng aroma durian ini rimbun,

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Aroma Durian

  1. Daun: Bentuk daunnya lurus, kaku, dan berwarna hijau tua
  2. Tajuk: Percabangannya kokoh dan tidak menjuntai
  3. Buah: Daging buahnya tebal, berbiji kecil, kering, berkulit putih, berpelat
  4. Masa berbuah: Bisa berbuah umur 1,5 tahun dari bibit hasil sambungan
  5. Produktivitas: Bisa menghasilkan 2,5 kg/pohon dari pohon berumur 1,5 tahun

Demikian artikel tentang berbagai jenis kelengkeng unggulan yang mudah dan banyak dibudidayakan baik di lahan maupun di dalam pot.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terima kasih.

 

  1. author

    Fsfgblatt2 months ago

    cheap viagra viagra sources viagra for sale toronto

    Reply

Leave a reply "5+ Jenis Kelengkeng yang Banyak Dibudidayakan Di Indonesia"

Author: 
author