Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Di Dalam Pot [LENGKAP]

Posted on

Lemon Cui – adalah jenis lemon Cina yang memiliki nama latin Citrus Microcarpa. Lemon ini termasuk lemon yang tidak terlalu populer dari berbagai jenis lemon lainnya. Di bagian wilayah Indonesi bagian timur seperti Sulawesi dan Maluku bisa kita jenis lemon cui atau lemon Cina ini.

Dari bentuk fisiknya, buah lemon cui ini mirip dengan jeruk nipis. Buah kecil dengan diameter sekitar 3-4 cm dan memiliki kuning semburat hijau.Kulit buah lemon cui ini halus dan lunak seperti jenis buah jeruk siam Medan yang ukurannya kecil. Warna dari daunnya sendiri hijau mengkilao dan memiliki akar tunggang.

Keistimewaan yang dimiliki oleh lemon cui ini adalah proses pertumbuhannya tergolong mudah dan juga cepat berbuah. Selain itu, lemon cui juga memiliki aroma khas yang sangat kuat dan rasa khas dari lemon ini adalah asam.

Buah lemon cui ini tidak hanya bisa ditanam dilahan atau dipekarangan saja. Kita bisa menggunakan pot atau polybag untuk pengganti lahan tanamnya. Sehingga tidak perlu khawatir ketika kita ingin budidaya tapi belum memiliki lahan yang cukup.

Cara Budidaya Lemon Cui

pohon jeruk lemon cui
pohon jeruk lemon cui

Tanaman buah lemon cui ini akan sangat cantik apabila ditanam atau dibudidayakan didalam pot, apalagi saat buahnya mulai tumbuh lebat dan matang dengan warna kuningnya yang canti serta bau wanginya yang khas.

Berikut adalah beberapa panduan yang bisa gunakan untuk mulai pembudidayaan lemon cui didalam pot. Yuk kita simak secara seksama!

Pemilihan Bibit Lemon Cui

Dalam pemilihan bibit, pastinya kalian harus memilih bibit yang bagus dan bibit terbaik agar lemon bisa tumbuh dengan lebih sehat dan tingkat prosuktifitasnya tinggi.

Untuk mendapatkan bibit lemon cui ini bisa kalian beli di toko bibit, toko pertanian yang menyediakan bibit ini. Bibit lemon cui biasanya didapat dari perbanyakan vegetatif, baik dari cangkok maupun dengan cara stek.

Persiapan Media Tanam

Penggunaan media tanam yang bisa kita gunakan untuk menanam lemon cui didalam pot adalah campuran tanah,pasir dan pupuk kandang dengan menggunakan perbandingan 1:1:1.

Sebelum dilakukan penanaman lemon cui, jangan lupa untuk menutup lubang dibagian dasar pot bisa menggunakan pecahan genteng yang kemudia dilapisi dengan menggunakan kerikil serta pasir secukupnya. Setelah ditutup baru masukan media tanam yang telah disiapkan tadi sekitar 1/3 volume pot.

Proses Penanaman

buah muda lemon ciu
buah muda lemon ciu

Setelah media tanam disiapakan maka selanjutnya adalah melakukan pemangkasan sedikit akar bibit lemon cui dan ingat jangan sampai ada akar tunggang yang terlalu panjang. Masukan bibit kedalam pot lalu masukan lagi media taman yang tersisa. Kemudian, lakukan sedikit penyiraman agar tanahnya padat.

Perlu diketahui juga bahwa pohon lemon cui ini membutuhkan sinar matahari yang cukup setidaknya 5 jam perharinya. Jadi, setiap pagi kita bisa menjemurnya hingga siang dan kemudian letakkan di tempat yang sejuk namun tetap masih bisa dijangkau sinar matahari.

Selain perlu dijemur, pohon lemon cui juga membutuhkan air yang cukup. Maka dari itu kita perlu memberinya penyiraman secara teratur disetiap harinya.

Perawatan Lemon Cui

Ketika tabulampot lemon cui sudah berumur sekitar 3-4 tahun, sebaiknya untuk dilakukan lakukan repotting. Caranya adalah dengan memangkas lebih dulu cabang tanaman kurang lebih sebanyak 1/3 nya. Kemudian biarkan tanahnya mengering sekitar 2-3 hari tanpa dilakukan penyiraman.

Setelah itu angkat tanaman lemon cui dan buang sebagian media tanamnya serta jangan lupa untuk menyiapkan pot baru dengan ukuran yang lebih besar. Pot baru tersebut tentunya diisi dengan media tanam baru agar bisa tumbuh dengan lebih maksimal. Tanam pohon lemon yang sudah dicabut tadi ke pot yang baru.

Untuk mendapatkan tanaman lemon cui yang bisa berbuah dengan produktif, maka perlu dilakukan juga pemupukan rutin setiap 4 bulan sekali. Diumur 4 bulan pertama, taburkan pupuk NPK kurang lebih 25 gram disetiap tanamannya. Sesuai dengan bertambahnya umur tanaman, perlu juga ditambah dosis pupuknya menjadi 50 gram, 100 gram, 400 gram, dan seterusnya sesuai usia dan kebutuhan.

Lakukan juga pemangkasan untuk meningkatkan produktivitas buahnya. Pemangkasan ini juga dimaksudkan untuk memperindah penampilan tumbuhan lemon cui.

Ideal perbatangan tabulampot lemon cui adalah 1, 3, dan 9 yang nantinya akan menghasilkan 27 cabang atau ranting tersier. Artinya, dalam satu batang pohon setinggi 50-100 cm hanya mempunyai tiga cabang primer yang posisinya seimbang (panjang cabang primer 30-50 cm) dan sembilan cabang sekunder. Dengan demikian, cabang atau ranting lainnya dibuang saja. Pembuahan akan terjadi pada ranting-ranting tersier pohon lemon cui.

Pengendalian Hama

Hama yang sering menyerang tumbuhan buah lemon cui adalah ulat Papilio (Papilio Memnon), Tripis (Scirthrips Citri) dan kutu daun (Toxopetra Citricidus dan Aphis Gissypii). Untuk mengendalikannya kita bisa melakukan pembersihan secara mekanis atau pemotongan batang dan daun yang terserang. Selain itu kurangi juga daun yang rimbun.

Selain dengan cara diatas, bisa juga kita menangani hama-hama tersebut dengan menggunakan cara kimia, yaitu dengan menyemprotkan pestisida seperti hoststhion 40 EC, kelthane 200 EC dan juga cymbush 50 EC. Dengan begitu para hama tersebut tidak akan kembali bahkan mati. Sehingga tanaman lemon cui bisa tumbuh subur dan sehat.

Panen

panen jeruk lemon cui
panen jeruk lemon cui

Tanaman pohon jeruk lemon cui ini termasuk tumbuhan yang memerlukan waktu cukup lama untuk berbuah dan panen. Dalam satu pohon jeruk bisa menghabiskan waktu sekitar 3 hingga 5 tahun termasuk ke masa panen.

Namun, apabila kita menggunakan cara vegetatif saat pembibitan lemon cui ini, maka proses untuk tumbuhnya akan lebih cepat daripada menggunakan bibit generatif.

Manfaat Lemon Cui

buah jeruk lemon cui
buah jeruk lemon cui

Dibalik ukuran lemon cui yang kecil, namun di dalam buah jeruk lemon cui  tersebut memiliki banyak sekali kandungan gizi seperti vitamin C, vitamin B, fosfor, dan juga kalsium.

Dibidang kosmetik dan farmasi, buah lemon cui memiliki kandungan senyawa limonin dan juga hesperedin  serta mempunyai efek ekspektorat (mengencerkan lendir), anti oksidan, antitoksik (mengeluarkan racun), antiseptik, deuretik (peluruh kencing), astringent dan sebagai obat anti radang

Didalam buah lemon cui juga terdapat kandungan flavonid dan saponin yang berperan dalam membantu penanganan penyakit diabetes dan jantung. Ada juga senyawa fitokimia yang bis menghambat pertumbuhan mikroba. Dan masih banyak lagi manfaatnya.

Berikut beberpa manfaat lemon cui untuk kesehatan:

  1. Membantu menurunkan darah tinggi
  2. Mengobati rematik
  3. Membantu pengobatan saluran pernafasan
  4. Meredakan deman
  5. Menjaga kesehatan kulit
  6. Baik untuk kesehatan tubuh
  7. Membantu pencegahan batu ginjal
  8. Meningkatkan kesehatan jantung
  9. Membantu menyembuhkan infeksi tenggorokan
  10. Cocok untuk kesehatan perut

 

Demikian artikel singkat kali ini tentang lemon cui yang memiliki banyak manfaat dan bisa dibudidayakan didalam pot. Adapun juga langkah-langkah yang harus dilakukan saat proses penanamannya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjadi panduan yang baik dan tepat.

Sekian dan terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *