banner 300x280

Mengenal Mangga Chokanan dan Cara Membudidayakannya

10 views
example banner

Mangga Chokanan – Mangga chauk/chokanan adalah mangga yang berasal dari salah satu varietas mangga Thailand. Mangga jenis ini belum terlalu populer dari mangga-mangga yang lainnya. Namun, mangga ini tetaplah mangganga yang prospek untuk ditanam di negara Indonesia.

Dimasa sekarang ini, mangga chokanan adalah salah satu mangga yang dipilih para petani untuk dibudidayakan bahkan dijadikan buah favorit mereka. Alasannya adalah karena bibit mangga chokanan ini perawatannya tergolong mudah dan juga paling mudah untuk berbuah (genjah). Selain mudah berbuah pohon manga chokanan juga dapat berbuah 2 sampai 3 kali dalam 1 tahun. Sangat menarik bukan?

Tanaman mangga chokanan ini juga sangat terkenal dengan keproduktivannya yang tinggi. Satu pohon mangga chokanan bisa menghasilkan buah sekitar 60 hingga 120 kilo dalam satu tahunnya. Keunggulan lain yang dimiliki tanaman mangga ini adalah sangat cocok juga apabila ditanam di dalam pot (Tabulampot)

Mangga Chokanan memiliki kulit berwarna kuning apabila sudah matang sehingga buah akan menjadi lebih menarik. Selain kulitnya yang kuning buah mangga ini juga memiliki daging buah yang berwarna kuning. Sehingga buah mangga chokanan sering disebut dengan mangga madu. Rasanyapun seperti rasa madu alami seperti pada umumnya.

Mangga chokanan sangat digemari oleh pecinta buah mangga karena mangga cokhanan ini bisa dikonsumsi dalam keadaan yang sudah matang maupun dalam keadaan mentah. Mangga chokanan oleh masyarakat Thailand biasa dikonsumsi bersamaan dengan ketan.

Manfaat Mangga Chokanan

mangga chokanan thailand

mangga chokanan thailand

Selain rasanya yang nikmat, buah mangga chokanan memiliki banyak kandungan gizi didalam buahnya, seperti karbohidrat, vitamin C, vitamin A, dan kalsium. Sehingga mangga chokanan banyak memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh.

  1. Dapat mengatasi masalah anemia
  2. Menjaga kesehatan mata
  3. Mencegah perkembangan sel kanker
  4. Membantu melancarkan sistem pencernaan
  5. Menurunkan kolesterol
  6. Mengurangi adanya resiko penyakit jantung
  7. Mengontrol kadar gula darah
  8. Membantu mengatasi masalah pernapasan
  9. Sebagai sumber antioksidan alami.

Ciri-Ciri Mangga Chokanan

buah mangga unggul chokanan

buah mangga unggul chokanan

Mangga chokanan adalah buah yang dagingnya legit dan manis, dan berikut adalah beberapa ciri yang bisa kita gunakan untuk membedakan mangga chokanan dengan mangga yang lain:

  1. Ketika mangga sudah matang, maka kulitnya akan berwarna kuning sama dengan warda daging buahnya. Apabila dilihat dari jarak jauh mangga ini akan terlihat sudah dikupas padahal masih ada kulitnya.
  2. buahnya berbentuk lonjong dan salah satu sisinya sedikit lebih besar.
  3. Biasa disebut dengan mangga madu karena rasanya yang manis dan wrnanya yang kuning segar.
  4. Berat mangga chokanan ketika sudah matang sekitar 400 sampai 600 gr.
  5. Dapat berbuah sepanjang waktu tanpa mengenal musim.
  6. Memiliki daging buah yanng tebal dan bijinya berukuran sedang.
  7. Memiliki rasa asam yang segar ketika masih setengah matang.

Syarat Tumbuh Mangga Chokanan

bibit mangga chokanan

bibit mangga chokanan

Mangga chokanan adalah jenih mangga yang mudah tumbuh dan genjah. Namun pohon mangga chokonan akan bisa tumbuh dengan maksimal apabila ditanam dengan keadaan yang cocok dengan jenis buahnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar buah mangga chokanan bisa tumbuh maksimal.

  1. Mangga chokanan cocok ditanam di daerah dataran rendah menengan dengan ketinggian kurang dari 600 mdpl.
  2. Pohon mangga chokanan bisa tumbuh optimal dengan suhu yang pas, yakni 24 hingga 30 derajat celcius.
  3. Daerah yang tepat untuk pengoptimalan buah mangga chokanan adalah daerah dengan curah hujan sekitar 750-2.000 mm/tahun.
  4. Tumbuh dengan bulan basah sekitar 2-4 bulan dan bulan kering sekitar 8-10 bulan. Apabila terlalu banyak mendapatkan hujan, maka pohon mangga chokanan akan mudah terserang hama dan bunganya akan sering rontok.
  5. Media tanah yang baik untuk mangga chokanan adalah tanah yang mengandung pasir dan lempung yang seimbang dan banyak mengandung unsur hara.
  6. Tanah yang digunakan mengandung tingkat keasaman sekitar 5,5 pH -8 pH. Apabila dibawah itu bisa ditambahkan kapur dolomit.

Cara Menanam Pohon Mangga

bibit pohon mangga chokanan

bibit pohon mangga chokanan

Selain beberapa syarat diatas, perlu diperhatikan juga cara penanamannya agar bisa berbuah dengan optimal sehingga bisa menghasilkan.

Menggunakan bibit unggul

Dengan menggunakan bibit unggul kemungkinan besar pula kita akan mudah mendapat keuntungan. Bibit unggul bisa didapatkan di penangkaran bibit yang terpercaya.

Pilih juga bibit mangga yang batang bagian bawahnya punya daya tahan tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan. Pilih juga bibit dengan tinggi sekitar 60-80 cm dan berdiameter 1-1,5 cm atau dengan umur sekitar enam bulan.

Cara Pengolahan

Gunakan lahan yang bersih dari sisa tebangan pohon, tanggul, semak belukar, gulma, dan juga pepohonan lainnya. Pengolahan lahannya bisa dilakukan sebelum musim penghujan datang. Dan berikan jarak ideal tanam yaitu sekitar 5 x 5 m atau 6 x 6 m.

Sebelum melakukan penanaman, jangan lupa untuk membuat lubang tanam yang dengan ukuran 60 x60 x60 m dan sudah didiamkan 1-2 minggu. Untuk tanah sisa galiannya bisa dicampur dengan pupuk untuk pohon mangga.

Tahap Penanaman Bibit

Waktu yang tepat untuk mulai budidaya mangga chokanan adalah pada saat awal musim penghujan. Namun apabila air untuk irigasi Anda sudah tersedia, maka tidak perlu menungu awal musim penghujan dan bisa Anda lakukan kapan saja.

Untuk mulai menanam maka buka polibag pada bibit dan masukan ke lubang yang sudah disiapkan dan gunakan galian tanah yang sudah dicampur pupuk untuk menutup galian tersebut. Setelah ditanam jangan lupa untuk menyiram pohon mangga secara rutin agar tetap lembab.

Tahap Perawatan Bibit

Untuk pertumbuhan bibit yang maksimal dan berbuah dengan kualitas terbaik, maka buah mangga chokanan harus mendapatkan perawatan yang baik pula. Adapun perawatan yang bisa dilakuan adalah:

  1. Penyiraman

Tahap penyiraman dilakukan pada awal dimulai penanaman bibit. Penyiraman dilakukan secara teratur setiap pagi dan sore tergantung cuaca setempat. Apabila musim kemarau, maka penyiraman dilakukan setiap dua kali sehari karena tanah cepat kering.

Penyiramanpun tidak boleh sampai menggenang karena bisa terserang oleh cendawan akibat tingkat kelembapan yang tinggi.

  1. Penyiangan dan Penggemburan

Tahap penyiangan bisa dilakukan bersamaan ketika tahap penggemburan. Cabut rumput atau gulma yang ada disekitar bibit dan buang ke tempat agar tidak bisa tumbuh lagi. Untuk penggemburan sebaiknya dilakukan saat awal musim  penghujan.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan dengan tujuan untuk merangsang tunas-tunas baru yang akan muncul. Lakukan pemangkasan dibagian cabang yang kurang sehat dan yang tumbuh tidak pada tempatnya. Tinggalkan 3-4 cabang yang sehat, kuat dan bersilangan.

Pemupukan

Untuk hasil yang baik perlu juga dilakukan pemupukan secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan tumbuhan tersebut.

Untuk tanaman mangga chokanan berumur 3-4 bulan, dilakukan dengan pemupukan dengan pupuk urea sebanyak 100-150 gr setiap pohonnya.

Tanaman yang berumur satu tahun bisa diberikan pupuk kandang sekitar 15 kg pada setiap pohonnya dan dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Untuk bibit yang sudah menjelang berbunga, dibutuhkan pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium tinggi. Maka, bisa dilakukan dengan pemberian pupuk NPK 15:15:15 sekitar 1 – 2 kg setiap pohonnya ditambahkan NPK 8:24:24 atau NPK 1:30:40 sebanyak 100 – 200 gr setiap pohon atau NPK 8:16:24 dengan dosis 100 – 150 g/pohon.

Panen

Tahap panen biasa dilakukan setelah tanaman mangga chokanan berumur 70-80 hari setelah bibit berbunga. Sebaiknya dalam memanen buah mangga chokanan tidak sampai matang pohon yang penting sudah tua agar tidak cepat busuk.

 

Demikian beberapa informasi buah mangga chokanan yang bisa Anda budidayakan. Dengan pohon yang tidak terlalu tinggi, bisa ditanam didalam pot, serta cepat berbuah akan memudahkan Anda untuk menanamnya.

Sekian dan terima kasih.

Leave a reply "Mengenal Mangga Chokanan dan Cara Membudidayakannya"

Author: 
author