banner 300x280

Mengenal Mangga Kiojay Dan Cara Pembudidayaannya [LENGKAP]

58 views
example banner

Mangga Kiojay – adalah varietas baru yang telah dikembangkan di Thailand. Kondisi alam di Thailand kurang lebih sama dengan kondisi alam negara Indonesia sehingga pembudidayaan mangga kiojay di Indonesia sangat mungkin untuk menghasilkan buah yang berkualitas.

Mangga kiojay bisa tumbuh secara optimal di dataran rendah yang memiliki cuaca panas. Namun akan tumbuh dengan lebih baik pula di dataran tinggi apabila suhu rata-ratanya tidak terlalu rendah. Pohon mangga kiojay ini bersifat genjah, rajin berbuah. Buah mangga kiojay menyukai tanah gembur yang subur dengan drainase yang baik, curah hujan sedang, dan penyinaran matahari disepanjang harinya.

Sebenarnya mangga kiojay sudah lama dikenal masyarakat Indonesia, baik karena ukurannya yang besar maupun karena rasanya yang manis dan legit. Mangga jenis kiojay ini sebaiknya dipetik dan dikonsumsi ketika tingkat kematangannya (80%), karena jika dipetik dan dikonsumsi saat matang (100%) rasanya akan terlalu masak dan kurang renyah.

Klasifikasi Mangga Kiojay

"buah

Kerajaan: Plantae
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: Mangifera indica

Cara Budidaya Mangga Kiojay

"calon

Pohon mangga kiojay adalah salah satu pohon mangga yang bisa ditanam di dalam pot. Jadi walaupun kita belum punya lahan atau pekarangan yang luas dan ingin budidaya, maka kita bisa melakukannya dengan menggunakan pot sebagai tempat tumbuhnya.

Ketka kita ingin menanam mangga kiojay di dalam pot, kita juga harus tahu bagaimana cara yang benar agar pohon bisa tumbuh subur serta buahnya bisa besar dan juga lebat.

Berikut beberapa langkah penanaman mangga kiojay di dalam pot:

Pembibitan

Untuk mendapatkan bibit mangga kiojay yang bagus kita bisa mendapatkan bibitnya di toko bibit atau toko pertanian kepercayaan kalian. Ketika menginginkan bibit yang bisa cepat berbuah dan memiliki kualitas yang sangat baik, pilihlah bibit yang dihasilkan dari perbanyakan vegetatif atau ukulasi (sambung pucuk).

Jangan lupa juga pilih bibit yang kuat dan ukurannya sekitar 50 hingga 70 cm karena bibit yang baik pasti juga akan menghasilkan tanaman dan buah yang baik pula. Selain itu tumbuhan akan terlihat segar dan sehat.

Persiapan Media Tanam

Pot yang digunakan untuk menanam mangga haruslah lebih besar dari biasanya dan juga harus sesuai dengan besar dan tinggi tanaman. Maka, siapkan pot dengan diameter sekitar 60 cm yang telah dipotong setengah bagian. Lubangi juga dasar potnya untuk jalan pembuangan air yang berlebih sehingga tanaman tidak mudah busuk.

Untuk media tanamnya bisa kita gunakan campuran tanah, sekam dan pupuk kandang atau kompos yang sudah difermentasi.

Penanaman Bibit Mangga Kiojay

Ketika media tanam sudah siap, maka tahap selanjutnya adalah penanaman. Masukkan bibit pohon mangga kiojay yang sudah dilepas dari polybagnya dengan kondisi akar yang sehat dan masih bagus. Pastikan ketika memasukkan kedalam pot, posisi bibit tetap dalam keadaan tegak baru timbun dengan media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya.

Setelah media tanam dimasukan jangan lupa untuk memadatkan media tanamnya. Kemudian yang harus diingat juga untuk melakukan penyiraman secukupnya. Untuk hasil yang merata gunakan embrat bila ada tau penyiram lain yang kalian miliki.

Perawatan Mangga Kiojay

Untuk tanaman atau bibit yang baru tanam, lakukanlah pemasangan ajir atau penegak untuk membantu menopang tanaman baru supaya tanaman lebih kokoh. Kalian bisa menggunakan ajir yang terbuat dari bambu dengan ukuran penjang sekitar 1,5 meter.

Lakukan juga penyiraman 1 sampai 2 kali sehari secara rutin di pagi dan sore hari namun lihat juga tingkat kelembaban media tanamnya agar tidak terlalu lembab dan becek. Selain itu perlu dilakukan juga penyiangan gulma dan tanaman liar lainnya yang ada di sekitar bibit atau pohon mangga kiojay.

Supaya nutrisi bibit mangga kiojay yang dibutuhkan kita perlu melakukan pemupukan juga secara rutin. Pemupukan dilakukan dengan kombinasi pupuk yaitu NPK untuk buah, pupuk kandang atau kompos, dan pupuk organik. Hal ini bertujuaan untuk memicu pertumbuhan buah mangga kiojay agar tumbuh besar dan lebat.

Penanggulangan Hama Penyakit

Hama penyakit yang biasanya menyerang tumbuhan mangga kiojay adalah kuta, bisul, lalat, dan juga binatang penggerek. Ketika serangan hama penyakit tersebut muncul, maka kita harus bersegera menyemprotnya dengan insektisia.

Penyemprotan ini hanya perlu dilakukan ketika diperlukan saja, karena apabila terlalu sering menyemprot akan menyebabkan terganggunya populasi serangga penyerbuk bunga. Apabila serangga penyerbuk ini terganggu, maka akan sulit pula pohon akan berbuah.

Tahap Panen

Masa panen buah mangga kiojay adalah sekitar usia 2 hingga 3 tahun setelah dipindahkan dengan perawatan yang baik. Usia produktif untuk tanaman mangga kiojay ini sendiri sekitar 2 – 5 tahun. Buah sebaiknya dipetik dan dikonsumsi ketika 80% matang karena ketika terlalu matang rasa khas yang nikmat dari buah mangga kiojay akan berkurang dan teksturnya kurang renyah.

Buah yang sudah matang ukurannya sangat besar sehingga sering disebut dengan mangga jumbo atau raksasa. Karena ukurannya yang besar itu, sebaiknya dilakukan penjangaran dengan memeliharanya dengan maksimal sekitar 1 buah disetiap rantingnya.

Keunggulan Mangga Kiojay Dalam Pot

"pohon

Budidaya dengan sistem tabulampot atau tanaman buah dalam pot sangat banyak digemari oleh masyarakat karena adanya beberapa faktor yang menguntungkan. Apa saja?

Berikut beberapa keuntungan ketikan budidaya mangga kiojay di dalam pot.

  1. Tidak memerlukan lahan atau pekarangan yang luas karena cukup menggunakan pot jadi akan lebih hemat.
  2. Pohon tidak akan menghasilkan banyak sampah, baik daun maupun ranting
  3. Dengan tabulampot, pemupukan dan pengairan akan lebih sedikit karena akan lebih mudah diserap. Apabila dilahan air dan pupuk akan melebar ke bagian tanah yang lainnya.
  4. Lebih praktis dan bisa dijadikan tenaman hias kerena tampilnnya lebih menarik.
  5. Karena tidak memerlukan lahan yang luas, pupuk dan air yang banyak, maka biaya perawatannya juga semakin sedikit.

 

 

Leave a reply "Mengenal Mangga Kiojay Dan Cara Pembudidayaannya [LENGKAP]"

Author: 
author