banner 300x280

Mengenal Nama Latin Tomat, Jenis dan Cara Budidayanya

40 views
example banner

Tomat – Tanaman tomat adalah tumbuhan yang berasal dari keluarga Solanaceae dan nama latin tomat adalah Solanum lycopersicum syn. Lycopersicumesculentum. Tempat asalnya adalah dari Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan, Meksiko sampai ke daerah Peru. Tomat adalah tumbuhan yang siklus hidupnya pendek dan tumbuhnya sekitar 1 sampai 3 meter.

Produksi tomat di Indonesia sendiri masih tergolong rendah mulai dari segi kualitan dan juga kuantitas. Hal ini bisa terjadi karena kondisi lahan yang kurang pas, cara pemupukan yang kurang tepat, dari cara budidayanya, iklim dan juga hama penyakit yang sering menyerang.

Salah satu syarat tumbuh tanaman tomat adalah dataran yang memiliki curah hjan sekitar 750 hingga 1.250 mm/tahun dan memiliki kelembaban kurang lebih 25 %.

Tomat adalah jenis tanaman yang ditanam di ladang, pekarangan atau di lahan liar dengan ketinggian 1-1600 mdpl. Tanaman tomat juga tidak tahan dengan hujan, sinar matahari yang sangat terik, dan akan lebih subur ketika memiliki lahan yang subur dan gembur.

Klasifikasi Ilmiah Tomat
buah tomat dengan rasa asam segar

buah tomat dengan rasa asam segar

  1. Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  2. Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  3. Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  4. Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  5. Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  6. Sub Kelas: Asteridae
  7. Ordo: Solanales
  8. Famili: Solanaceae (suku terong-terongan)
  9. Genus: Solanum
  10. Spesies: Solanum lycopersicum L.

Ciri Morfologi Tanaman Tomat

buah tomat merah dengan rasa asam manis segar

buah tomat merah dengan rasa asam manis segar

Berikut ciri-ciri morfologi ilmiah yang ada pada tanaman tomat yang perlu kita ketahui:

Akar

Tanaman dengan nama latin Solanum lycopersicum L ini memiliki sistem perakaran tunggang yang mampu menembus ketahanan tanah dan memiliki akar serabut yang berkembang kearah samping di area yang dangkal.

Dari perakaran ini, tumbuhan dengan nama latin tomatnya Solanum lycopersicum L ini akan bisa berkembang dengan sangat subur apabila ditanam pada kondisi yang sesuai dan lahan yang cocok.

Batang

Batang tomat mempunyai warna hijau dan bentuknya persegi hingga bulat. Ketika tomat masih dalam usia muda, maka batangnya akan terasa lembek dan kekita sudah tua batangnya akan mengeras. Tinggi batang tomat bisa mencapai 2 hingga 3 meter dengan permukaan kulit yang penuh dengan bulu halus. Diantara bulu halus tersebut terdapat kelenjar yang bisa mengeluarkan bau khas tanaman tomat.

Daun

Pada tanaman tomat terdapat daun yang bentknya oval dan bergerigi dan membertuk celah menyirip dan sedikit melengkung pada bagian pinggirannya. Warna dari tomat tersebut adalah hijau dan termasuk dalam golongan majemuk ganjil karena jumlahnya 5 hingga 7 helai.

Ukuran daun tersebut sekitar 15 x 30 cm atau 10 x 25 cm sesuai dengan panjang batangnya yang kurang lebih 3 hingga 6 meter. Dari daun-daun yang tumbuh tersebut akan tumbuh beberapa daun dengan ukuran besar. Daun majemuk pada tanaman tomat bisa tumbuh berselang seling dengan susuna spiral mengelilingi batang.

Bunga

Tumbuhan tomat (Solanum lycopersicum L.) memiliki bunga dengan ukuran yang kecil berdiameter kurang lebih 2 cm serta berwarna kuning sedikit lebih cerah. Kelopak bunganya sejumlah 5 buah berwarna hijau dan ada dibagian bawah atau pangkal bunga tomat.

Bagian lain yang ada pada bunga tomat yaitu mahkota bunga, adalah bagian yang paling indah pada bagian bunga tomat. Mahkota bunga yang mempunyai warna kuning cerah dengan jumlah sekitar 6 buah berukuran kurang lebih 1 cm. Bunga tomat termasuk dalam bunga sempurna, karena memiliki benang sari serta atau kepala putik yang terletak pada satu bunga yang sama.

Tomat mempunyai 6 buah benang sari dan 6 kepala putik yang warnanya sama seperti mahkota bunga yaitu kuning cerah. Bunga tomat (Solanum lycopersicum L.) bisa tumbuh dari cabang batang yang  masih muda.

Buah

Tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) memiliki buah dengan bentuk yang sangat bervariasi, sesuai dengan jenis dan varietasnya. Terdapat buah tomat (Solanum lycopersicum L.) yang bentuknya bulat, bulat telur atau oval, agak bulat, agak lonjong, dan bulat persegi.

Ukuran buah tomat (Solanum lycopersicum L.) juga bervariasi, ada yang paling kecil  dengan berat 8 gram serta yang berukuran agak besar dengan berat hingga 180 gram. Buah tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) yang masih muda berwarna hijau muda, dan jika sudah matang warnanya berubah menjadi merah.

Biji

Biji pada tanaman tomat berbentuk pipih, memiliki bulu dan warnanya putih, putih kekuningan dan coklat muda. Panjang biji tomat kurang lebih 3 sampai 5 mm dan lebarnya 2 hingga 4 mm. Biji tomat yang saling melekat diselimuti oleh daging buah, dan tersusun mengelompok yang dibatasi oleh daging buah.

Cara Budidaya Tanaman Tomat

budidaya tomat

budidaya tomat

Untuk menghasilkan tanaman tomat yang sehat dan berbuah lebat, maka diperlukan cara budidaya tomat yang sesuai dengan anjuran petani-petani yang sudah berhasil. Berikut beberapa caranya:

Penyemaian

Bibit tomat akan lebih baik apabila disemai terlebih dahulu sebelum ditanam di kotak persemaian (tray) atau polybag. Media semainya bisa  berupa bolybag atau sejenisnya yang sebelumnya terlebih dahulu dicampur dengan tanah, arang sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Bibit yang ditanam di dalam media semai dan dipelihara bisa sampai berumur kurang lebih 25 sampai 30  hari setelah penyemaian.

Penanaman

Setelah bibit tomat siap ditanam, tanam bibit pada lubang tanam yang sudah disiapkan dengan jarak 70×60 cm. Saat penanaman tomat usahakan bibit tidak diletakkan ditanah, karena agar tanaman tidak membusuk dan tidak mudah terjangkit penyakit yang disebabkan oleh kotoran dari tanah.

Waktu yang paling sesuai digunakan untuk menanam tomat adalah 2 sampai 4 minggu sebelum musim hujan berakhir. Penanaman bisa dilakukan ketika sore hari agar tanaman tidak layu dan bisa beradaptasi pada lingkungan yang baru ditanami.

Pemupukan

Dalam masa pemupupukan pohon tomat gunakan pupuk kandang dan diberikan ketika tanaman memasuki fase vegetative. Kemudian berikan juga pupuk organik seperti SP36, ZA, serta Pupuk Kcl dengan perbandingan 1:1:½. Pemberian pupuk ini berfungsi untuk penyanter tumbuhan saat masih vegetative dengan cara meratakan pupuk diatas bedengan dengan jarak per 1 m yaitu 100 gram.

Manfaat Tanaman Tomat

buah tomat dengan berbagai manfaatnya

buah tomat dengan berbagai manfaatnya

Tomat memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, mulai dari kesehatan dalam tubuh hingga kesehatan luar tubuh seperti kulit. Beberapa manfaatnya:

Mencegah Kanker

Pada buah tomat terdapat banyak kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu membantu menangkal radikal bebas dan melawan kanker. Kandungan lycopene yang terdapat pada kulit buah tomat tergolong cukup tinggi, sehingga bisa membantu untuk mencegah kanker.

Melindungi Jantung

Selain lycopene tomat juga mengandung potassium, kolin, serat dan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan fungsi jantung. Dengan mengkonsumsi buah tomat yang mengandung kalium yang cukup tinggi juga sangat efektif untuk menurunkan risiko penyakit jantung atau kardiovaskular.

Bagus Untuk Kulit

Tanaman tomat mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai proses sintesis kolagen. Maka dari itu, tomat bisa digunakan untuk membantu menjaga kulit agar kulit terlitah tetap kencang dan juga awet muda. Selain itu juga dapat digunakan untuk meningkatkan elastisitas bahkan mampu menyembuhkan luka bakar.

Meningkatkan Penglihatan

Pada tanaman tomat juga terdapat kandungan senyawa beta karoten dan juga vitamin A yang sangat penting untuk menjaga ketajaman penglihatan juga mendukung fungsi retina agar tetap normal dan tidak mengalami gangguan. Kita bisa dengan rutin mengkonsumsi buah tomat dengan harapan bisa menjaga dan melindungi mata agar tetap sehat untuk terus dapat melihat indahnya alam.

Melawan Peradangan

Untuk mencegah dan mengobati sakit radang, salah satu cara yang bisa kita dilakukan adalah rutin minum satu gelas jus tomat setiap harinya. Hal ini dipercaya mampu membantu secara efektif untuk mengobati penyakit radang yang disebabkan karena infeksi arthritis serta nyeri pada sendi.

Jenis Tomat

Ada banyak sekali jenis tomat yang sering dibudidayakan oleh para petani. Dari yang mulai buahnya kecil hingga yang buahnya besar. Berikut adalah beberapa jenis tanaman tomat yang perlu kita ketahui:

Tomat Cherry

jenis tomat cherry

jenis tomat cherry

Sesuai dengan namanya, jenis tanaman tomat ini memiliki bentuk yang menyerupai buah cherry. Biasanya tomat cherry ini lebih sering digunakan untuk campuran membuat masakan tumis. Namun, sering ditemui juga bahwa buah tomat cherry ini digunakan untuk bahan pembuatan salad. Berat 1 buahnya sendiri rata-rata sekitar 10 hingga 20 gram. Warna yang dimiliki oleh tomat cherry adalah merah cerah.

Tomat Plum

tomat plum merah

tomat plum merah

Bentuk dari tomat plum hampir sama dengan jenis tomat cherry. Hanya saja tomat cherry bentuknya lebih bulat dan tomat plum ini bentuk buahnya lebih cenderung lonjong. Untuk rasanya lebih asam daripada jenis tomat cherry. Karena rasanya yang cenderung lebih ke asam segar, jenis buah tomat plum ini lebih sering dipakai untuk bahan pembuatan sambal. Ciri yang lainnya yaitu kulit buahnya sedikit lebih tebal.

Tomat Hijau

jenis tomat hijau untuk sambal

jenis tomat hijau

Jenis tomat ini memang sesuai namanya, yaitu berwarna hijau. Tomat hijau dipanen ketika ia masih belum matang. Hal ini juga berdampak pada rasa asam yang jauh lebih tinggi dibanding jenis tomat lainnya. Nah selanjutnya kandungan air di dalam buah tomat hijau ini juga cenderung lebih sedikit. Karena masih dalam umur muda, maka kulit buahnya masih kaku, sehingga ketika dalam proses pemasakan nanti tidak mudah lembek atau layu seperti tomat lainnya. Kalau kita perhatikan, jenis tomat ini sering digunakan di warung makan padang, khususnya dalam membuat sambal lado ijo atau untuk tumis cumi asin.

Tomat Beef

tomat beef

tomat beef

Yang perlu diperhatikan untuk jenis tomat beef ini yaitu dari segi ukuran buah tomat yang jumbo. Selain itu permukaan kulitnya tidak halus seperti layaknya buah tomat pada umumnya. Permukaan tubuhnya cenderung banyak lipatan atau lebih jelasnya seperti penampakan buah labu. Kegunaan dari buah tomat beef ini lebih sering digunakan untuk isi sandwich karena ukurannya yang lebar sehingga bisa membungkus bagian daun selada atau daging. Perlu diketahui pula bahwa jenis tomat ini adalah jenis tomat yang paling tahan jika ada virus atau penyakit yang menyerang.

Tomat Anggur

tomat anggur berbuah lebat

tomat anggur berbuah lebat

 

Nah penamaan terhadap tomat ini juga sama dengan kondisi morfologinya lho. Ciri utama yang membedakan jenis tomat anggur dengan tomat lainnya yaitu ukurannya yang hampir menyerupai anggur, atau kecil. Nah selain itu rasa yang diberikan pun tidak asam seperti jenis tomat lainnya, melainkan rasanya manis. Maka dari itu banyak dari orang-orang yang mengkonsumsi secara mentah. Di negara kita sendiri, yaitu Indonesia kurang dibudidayakan jenis tomat ini karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang lebih serin memanfaatkan tomat untuk masakan, bukan untuk dimakan secara langsung.

Tomat Ungu

tomat ungu

tomat ungu

Jenis tomat ini memang varietas tomat yan baru saja dipublikasikan oleh seorang peneliti yang berasal dari Origon State University. Nah karena kita sudah terbiasa mengenal secara umum jenis tomat apapun dengan warna yang bermacam-macam seperti merah, kuning, hijau, maka tomat ungu inilah yang menjadi pelengkap warna jenis tomat diatas. Kelebihan yang diberikan terhadap tomat jenis ini yaitu memiliki kandungan zat antioksidan yang paling tinggi diantara jenis tomat lainnya dan berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Demikian artikel yang membahas tentang nama latin tomat, jenis dan juga cara membudidayakannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan terima kasih.

  1. author

    nem266990tetcher2 months ago

    mis266990ngkyt RvyEuhc rukt exoO8sK

    Reply
  2. author

    nem266990krya2 months ago

    mns266990utr GYHmSEP cIi3 tMsxuDz

    Reply
  3. author

    Fubre1 month ago

    Hi, this is Jeniffer. I am sending you my intimate photos as I promised. https://tinyurl.com/y3tac6nh

    Reply

Leave a reply "Mengenal Nama Latin Tomat, Jenis dan Cara Budidayanya"

Author: 
author