banner 300x280

Tata Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot [Tabulampot Anggur]

42 views
example banner

Anggur – merupakan tanaman buah perdu yang tumbuhnya dengan cara merambat pada suatu media tertentu. Buah anggaur memiliki beberapa varian rasa dari rasa manis hingg asam. Tanaman anggur adalah tanaman yang berasal dari keluarga Vitaceae. Buah pohon anggur biasanya digunakan untuk jus, minyak biji anggur, kismis, dan agar-agar.

Selain itu, banyak jug orang-orang yang suka mengkonsumsi buah ini dalam kondisi segar. Selain karena rasanya yang nikmat, buah ini juga dikenal memiliki manfaat yang sangat banyak, terutama untuk kesehatan. Buah ini juga terkenal karena memiliki banyak kandungan senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam metabolisme tubuh. Dengan mengkonsumsi buah anggur maka bisa membantu untuk mencegah pembentukan sel kanker dan penyakit lainnya.

Pohon anggur adalah buah yang berasal dari Timur Tengah tepatnya di Mesopotamia atau yang sekarang dikenal dengan nama Irak. Tanaman anggur sudah mulai dibudidayakan sejak tahun 4000 sm dan mulai masuk Indonesia sekitar tahun 1.800 an yang dibawa langsung oleh Eropa.

Tabulampot anggur adalah salah satu cara budidaya yang kini makin populer di Indonesia. Hal ini tak lepas dari banyaknya keuntungan dengan memakai metode tabulampott ini. Tanaman yang hidup di dataran rendah ini bisa ditanam tanpa butuh lahan luas.

Apabila tabulampot anggur dilakukan dengan langkah penanaman dan perawatan yang tepat, maka tabulampot anggur bisa tumbuh baik. Untuk pertumbuhan optimal, maka metode ini harus didukung dengan kondisi iklim, tanah, dan lingkungan yang tepat.

Syarat Budidaya Tabulampot Anggur

buah anggur berbuah lebat dan besar

buah anggur berbuah lebat dan besar

Berikut beberapa panduan bagaimana syarat tumbuh yang ideal bagi tanaman ini. Secara umum, inilah yang harus diketahui oleh para pembudidaya :

Iklim yang Sesuai Untuk Budidaya Anggur

Tidak seperti kebanyakan tanaman buah lain, tanaman buah anggur ini sebenarnya membutuhkan musim kemarau yang berkepanjangan untuk bisa tumbuh. Musim kering atau kemarau ini idealnya yang berlangsung sekitar 4 sampai 7 bulan. Selain itu, tabulampot anggur bisa tumbuh dengan baik pada intensitas sinar matahari yang cukup tinggi.

Curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman anggur ini sendiri hanya 800 mm per tahun. Oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan bisa mengganggu proses pemupukan. Sedangkan suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan maksimumnya adalah 31 ° C dan untuk suhu minimumnya adalah 23 ° C.

Media Tanam Tabulampot Anggur

Tanah yang baik untuk digunakan tabulampot anggur adalah tanah yang mengandung pasir, kaya unsur hara, gembur, dan banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tanaman. Sedangkan untuk tingkat keasaman tanah yang cocok untuk adalah pada pH 7 atau netral.

Untuk itulah, maka tabulampot anggur harus dibudidayakan dengan media tanam yang sesuai. Pemupukan atau pemberian kompos dalam dosis tepat juga dapat merekayasa tanah untuk memenuhi unsur hara untuk pertumbuhan tanaman.

Ketinggian Tempat Budidaya Tabulampot Anggur

Tanaman buah anggur yang segar akan tumbuh dengan baik apabila ditanam di daerang dengan ketinggian antara 5 hingga 1000 meter di atas permukaan laut. Tempat yang tepat dan ideal untuk tabulampot anggur ini adalah dataran rendah.

Walaupun begitu, jenis dan varian anggur tertentu banyak yang memerlukan tempat tumbuh yang ketinggiannya yang berbeda. Perbedaan ketinggian daerah tanam ini akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah anggur itu sendiri. Tanaman anggur jenis Vitis vinifera membutuhkan ketinggian 1-300 m di atas permukaan laut, sedangkan anggur jenis Vitis labrusca membutuhkan ketinggian 1-800 m dpl.

Budidaya Tabulampot Anggur

tabulampot buah anggur berbuah banyak

tabulampot buah anggur berbuah banyak

Pemilihan Pembibitan

Untuk menghasilkan hasil yang baik, maka kita juga perlu menyiapkan bibit yang baik pula. Pilihlah bibit yang sesuai dengan kriteria sebelum mulai ditanam. Berikut beberapa kriteria pemilihan bibit anggur sebelum ditanam:

  1. Pilih bibit yang sudah bisa dijemur atau bisa terkena sinar matahari langsung pada siang hari (jam 11.00 – 15.00)
  2. Ambil bibit yang pertumbuhan daun dan tunas barunya subur
  3. Pilih bibit anggur yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit

Apabila kriteria bibit diatas tidak bisa terpenuhi, maka kemungkinan besar bibit akan mudah terserang hama penyakit dan mati.

Pemilihan Pot Tanam

penanaman tabulampot anggur

penanaman tabulampot anggur

Dalam penanaman tabulampot anggur, ada beberapa ukuran pot yang biasa dipakai para petani anggur. Berikut ukuran-ukurannya:

Pot Kecil

Ukuran pot plastik kecil kurang lebih sekitar 25 hingga 35. Pot ukuran kecil ide idealnya digunakan untuk tabulampot anggur  sebagai tanaman indoor, tanaman penghias meja dan untuk keperluan dekorasi lainnya.

Pot Sedang

Ukuran pot sedang sekitar 40 hingga 50. Ukuran pot ini derekomendasiak untuk yang menghasilkan buah banyak tapi tidak boros tempat dan tampilannya yang minimalis tapi tetap indah.

Pot Besar

Ukuran pot besar adalah kurang lebih 60 hingga 70. Pot dengan ukuran ini biasanya digunakan untuk mendukung kepoduktifan dari tanaman tersebut, sehingga pot ukuran besar juga cocok untuk menanam buah anggur.

Media Tanam Tabulampot Anggur

Banyaj sekali formula-formula media tanam dalam pot yang biasa digunakan poleh para penghobi. Apabila kalian ingin yang perktis dan tidak ribetpun ada formulanya. Berikut formulanya:

  1. Campurkan tanah gembur dengan sekam bakar, dan pupuk kompos yang siap pakai dengan perbandingan 1:1:1
  2. Sediakan media tanam siap pakai dan campur dengan sekam bakar dengan perbandingan 1:1

Apabila kalian ingin menggunakan media tanam yang siap pakai, maka pastikan dulu bahwa media tanam tersebut baru dan dikemas dengan kemasan pabrik bukan karung bekas.

Pilih formula media tanam yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Perbaikan pH

Karena di negara kita yakni Indonesia secara umum tanahnya memiliki pHyang rendah atau masam, sehingga tidak heran apabila banyak tanaman yang tumbuh kerdil dan juga sulit berbuah. Oleh karena itu, kita perlu dilakukan perbaikan Ph agar bisa berubah menjadi netral.

Berikut beberapa kapur yang bisa digunakan untuk perbaikan pHtanah:

  1. Dolomit: Kapur dolomit memiliki kandungan unsur hara calcium dan juga magnesium, sehingga tanah akan menjadi bagus dan cocok untuk tabulampot anggur
  2. Kalsium Ksrbonat/Kalsit: Mengandung Calsium.

Contoh produk kapur yang termasuk kapur dolomit adalah yang bermerek MagFertil 20 Plus dari PT. Polowijo Gosari (Non-Subsidi). Sedangkan untuk contoh kapur kalsit yaitu merek Kebomas dari PT. Petrokimia Gresik (Bersubsidi).

Proses Tanam Tabulampot Anggur

proses penanaman tabulampot anggur

proses penanaman tabulampot anggur

Dalam melakukan penanaman anggur dalam pot, kita perlu melakukannya sesuai denga prosedur yang sudah banyak penghobi yang berhasil. Beriku beberpa langkah-langkahnya:

  1. Masukan pasir bangunan kedalam pot dengan ketebalan 5 hingga 15 cm untuk dijadikan saluran drainase. Semakin besar pot semakin tebal pula saluran drainasenya.
  2. Setelah pasir bangunan dimasukan, masukan pula media tanam yang sudah disiapkan hingga memenuhi pot kurang lebih 3/4.
  3. Kemudian masukan atau tanam bibit anggur yang sudah kalian pilih di tengah pot yang sudah diisi media tanam tadi.
  4. Tambahkan juga tiang ajir atau penyangga di samping bibit untuk media rambat pohon anggur
  5. Apabila menggunakan kapur kalsit maka ngunakan dosis 1 sdm (pot kecil), 2-3 sdm (pot sedang), dan 3-4 sdm (pot besar). Untuk kapur dolomit, larutkan dulu kurang lebih 1 sendok makan dengan 2 liter air kemudian kocorkan ke media tanam.
  6. Jangan lupa lakukan penyiraman secara merata hingga semua media tanam basah.
  7. Letakkan tabulampot anggur di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Tahap Perawatan

daun buah anggur dalam pot

daun buah anggur dalam pot

Penyiraman

  1. Penyiraman tabulampot anggur harus dilakukan secara rutin dan sesuai dengan kondisi cuacanya
  2. Ketika ingin melakukan pemangkasan, maka lakukan stres air yaitu tidak menyiram tabulampot anggur sampai benar-benar kering namun tidak sampai mati. Ketika sudah mulai muncul bunga lakukan penyiraman kembali secara rutin

Pemupukan

  1. Umur 10 hari setelah bibit anggur ditanam, berikan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 15 gram. Pemupukan dilakukan setiap 10 hari sekali hingga tanaman berumur enam bulan.
  2. Ketika sudah berumur enam bulan, berikan pupuk ZA kurang lebih 50 gram, SP-36 sekitar 25 gram, dan KCl sebanyak 25 gram. Bisa juga diberikan pupuk NPK 15-15-15 sekitar 100 gram. Pemupukan tabulampot anggur dilakukan setiap satu bulan sekali.
  3. Pada umur satu tahun (panen pertama), berikan pupuk kandang 5 liter dan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 300 gram.
  4. Di umur dua tahun, berikan pupuk kandang 10 liter dan NPK 15-15-15 500 gram.

Pemupukan bisa juga ditambahkan dengan zat pengatur tumbuh dan vitamin tanaman yang tersedia di pasaran dengan berbagai merek dagang. Berikan sesuai dosis yang tertera pada label kemasan. Tujuannya untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman dan mempercepat pembuahan.

Pemangkasan

Tabulampot anggur bisa mulai dipangkas sejak umur 2—3 bulan setelah penanaman. Pemangkasan ini dilakukan setinggi 20—30 cm dari media tanam tabulampot. Dari pemangkasan ini akan menghasilkan cabang baru yaitu sekunder. Sama seperti cabang primer, cabang sekunder yang panjangnya sudah 1 meter harus dipangkas juga dengan harapan, akan tumbuh cabang tersier. Dari percabangan tersier nantinya buah akan bermunculan.

Selain pemangkasan cabang, dilakukan juga pemangkasan berat yaitu dengan menghabiskan seluruh daun tanaman. Penerapannya dilakukan ketika tanaman sudah berumur satu tahun.

Penjarangan dan Pembungkusan Buah

Penjarangan buah dilakukan dengan tujuan untuk bisa menghasilkan buah yang ukurannya seragam. Caranya adalah dengang menggunting bagian buah yang tidak berkembang sempurna. Penjarangan ini dilakukan ketika tanaman sudah berumur 50—60 hari setelah pemangkasan dilakukan.

Selain penjarangan buah, perlu jaga dilakukan pembungkusan buah. Alat yang digunakan cukup berupa plastik atau koran yang beberapa sisinya dilubangi. Selain untuk mencegah serangan hama penyakit, pembungkusan juga dipercaya bisa menghasilkan buah anggur yang rasanya manis.

Penggantian Media

Penggantian media tanam dilakukan untuk pencegahan tanaman agar tidak kekurangan nutrisi. Perlakuan ini bisa dilakukan sekitar 1—2 tahun sekali. Caranya adalah mengganti sebagian besar media tanam lama dengan media tanam baru. Komposisi media tanam yang digunakan sama dengan media tanam yang sebelumnya.

Pemanenan

tabulampot anggur siap panen

tabulampot anggur siap panen

Pada umumnya, tabulampot anggur sudah bisa dipanen saat berumur empat bulan setelah tanaman pindah tanam. Pemanenan dilakukan dengan cara memegang buah dan digunting bagian tajuknya yang paling atas dari buah, bukan memetik setiap buahnya. Waktu peaanenan sebaiknya diatur terlebih dahulu supaya jatuh pada musim kemarau.

Kenapa pemanenannya baik di musim kemarau? Karena, pada musim penghujan, kualitas buah yang dihasilkan oleh pohon anggur kurang bagus, yaitu kulit buah akan retak, mudah pecah, dan juga mudah busuk, serta pertumbuhan buahnya tidak merata. Dua minggu setelah pemanenan, hendaknya dilakukan pemangkasan berat untuk mempercepat pembuahannya kembali.

 

Demikian pembahasan tentang budidaya anggur di dalam pot atau biasa disebut dengan tabulampot anggur. Semoga artikel ini bisa menjadi contoh yang baik untuk para penghobi anggur maupun yang lainnya.

Sekian dan terima kasih.

  1. author

    yify2 months ago

    Thanks really useful. Will share site with my buddies. Darlleen Cesare Dobson

    Reply
  2. author

    yify2 months ago

    Some truly nice and utilitarian information on this site, likewise I think the pattern has got fantastic features. Rafa Fransisco Haida

    Reply
  3. author

    bedava2 months ago

    Hello and thank you for this blog is a true inspiration. Abagail Winnie Trelu

    Reply
  4. author

    indir2 months ago

    Extraordinarily interesting knowledge that you have mentioned, thanks so much for submitting. Kristine Dall Tildie

    Reply
  5. author

    download2 months ago

    Deference to article author, some wonderful selective information. Elita Christie Matthei

    Reply
  6. author

    erotik1 month ago

    You have brought up a very great points , regards for the post. Tilda Bent Normand

    Reply

Leave a reply "Tata Cara Menanam Anggur Di Dalam Pot [Tabulampot Anggur]"

Author: 
author