Kupas Tuntas Manfaat Dan Cara Budidaya Tanaman Kentang

Posted on

Tanaman Kentang – adalah tanaman umbi-umbian dalam tanah yang memiliki nama latin Solamun Tubersum. Kentang adalah salah satu anggota keluarga Solanaceae. Pohon kentang ini lebih menyukai tanah yang kadar asamnya sedikit lebih tinggi, berdrainase dan subur.

Di negara Indonesia, untuk pertama kalinya budidaya kentang dilakukan di daerah dataran tinggi cibodas, Tengger, Pangalengan dan lembang pada abad ke-18. Setelah itu, budidaya kentang mulai meluas hingga ke Sumatera yang tepatnya di dataran tinggi Kerinci.

Di zaman sekarang ini, di Indonesia sudah banyak sekali tempat yang dijadikan sentra budidaya tanaman kentang dan prospek dari kentang tersebut juga sangat menguntungkan. Bahkan budidaya kentang adalah salah satu sumber penghasilan yang tinggi apabila dibersamai dengan cara budidaya kentang tersebut dengan benar.

Tanaman kentang akan menghasilkan bunga yang berwarna merah, merah muda, ungu, biru dan putih di saat akhir musim tanamnya, yaitu sekitar 3 hingga 4 bulan setelah penanaman.

Untuk tingginya tanaman kentang itu sendiri bisa mencapai 20 inci atau sekitar 50 cm. Jaringan akar yang dimiliki oleh pohon kentang relatif pendek dengan sebagian akarnya yang besar. Setiap tanaman kentang yang sehat akan bisa menghasilkan sekitar 3 hingga 25 butir kentang.

Bagaimana? Masih ragu atau sudah tertarik untuk membudidayakan tanaman kentang?

Kita akan kupas tuntas semua tentang kentang.

Untuk kalian yang ingin membudidayakan kentang namun tidak memiliki lahan yang cukup luas, maka kalian bisa menggunakan polybag untuk media tanamnya.

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang

panen kentang usia 3 bulan
panen kentang usia 3 bulan

Untuk mendapatkan hasil panen kentang yang bagus, kita harus memenuhi syarat yang tanaman kentang tersebut butuhkan. Penanaman tanaman kentang hendaknya kita lakukan di musim penghujan karena tanaman ini membutuhkan asupan air yang cukup dan agar kita tidak terlalu repot untuk memenuhinya.
Selain air, kentang juga memerlukan intensitas cahaya yang cukup, dengan itu kita bisa menanamnya di luar rumah agar tanaman tetap bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Cara Budidaya Tanaman Kentang

"<yoastmark
tanaman kentang hasil panen

Pembibitan

Sebelum dilakukan penanam, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah pembibitan. Pilih bibit yang bagus agar kentang bisa tumbuh subur dan memberikan hasil yang meksimal.

Pastikan bibit yang dipilih adalah bibit dengan sertifikasi bibit unggul, umurnya cukup, fisiknya tidak cacat dan bebas dari jamur. Bibit yang sehat ini kemudian disemai dan dirangsang agar bisa segera ditanam.

Penyemaian

Untuk melakukan penyemaian dan perangsangan agar tunas segera tumbuh dan bisa segera dipindahkan ke polybag.

Langkang pertaman saat penyemaian adalah meletakkan bibit di tempat yang sejuk, lembab dan tetap terkena sinar matahari. Serperti yang ditunjukan pada syarat tanam tadi bahwa tanaman kentang harus mendapat sinar matahari yang cukup.

Setelah itu, biarkan bibit semai ini sekitar 1 sampai 2 minggu hingga tumbuh tunas yang siap dipindahkan ke polybag.

Setelah tunas muncul sekitar 5 cm maka tidak lama akan tumbuh akar. Untuk menjaga kelembaban akar dan tunas bibit kentang maka kita bisa melekukan penyiraman rutin.

Penanaman Tanaman Kentang

budidaya pohon kentang di dalam pot
budidaya pohon kentang di dalam pot

Sebelumnya siapkan dulu polybag dengan ukuran 50 x 80 cm dengan 3 atau 4 lubang dibagian bawahnya untuk tempat saluran drainase. Walaupun kentang suka tempat atau media yang lembab, kentang tidak akan suka apabila tingkat kelembabannya terlalu tinggi atau becek karena bisa mebuat umbi kentang tersebut mudah busuk.

Untuk penggunaan media tanamnya bisa menggunakan tanah humus atau tanah yang sudah dicampur dengan kompos. Setelah itu masukan kompos kedalam polybag sekiatar 2/3 dari volume polybag tersebut. Kemudian sisanya bisa dilapat kearah luar agar terlihat lebih rapi.

Masukan tunas yang sudah kalian pilih tadi kedalam polybag dan beri perawatan yang sesuai. Dalam satu polybag bisa kalian isi dengan 3 atau 4 tunas dengan kedalam sekitar 7 cm.

Sambil menunggu tumbuh lakukan penyiraman setiap hari agar kelembabannya tetap terjaga dan jangan lupa untuk selalu mengecek saluran drainase apakah masih berfungi atau perlu dibenahi. Pada hari ke sepuluh setelah penanaman biasanya bibit akan mulai tumbuh secara merata.

Perawatan Tanaman Kentang

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika menanam kentang di dalam polybag adalah dengan memberikan perawatan yang intensif. Ketika bibit sudah berumur satu bulan, maka tambahkan media tanamnya sedikit demi sedikit sesuai dengan umur dan besarnya bibit.

Tujuannya adalah agar umbi yang sudah tumbuh tidak terkena sinar matahari langsung karena apabila terpapar umbi tersebut akan berwarna hijau dan beracun.

Setelah itu tambahkan pupuk urea dan STP dengan perbandingan 1 : 1 sekitar 16 gram atau menggunakan takaran 1 sendok makan. Pemberian pupuk ini dilakukan dibagian kanan dan kiri bibit yang kemudian disiram dengan air agar pupuk mudah larut.

Proses Pemanenan Kentang

Tanaman kentang bisa mulai dipanen ketika sudah berumur 3 hingga 4 bulan kemudian tanaman kentang tersubut mati. Pemanenan umbi kentang ini sebaiknya dilakukan satu minggu setelah tanaman mati. Hal ini bisa ditandai dengan ujung daun dan batang kering serta kulit umbinya melekat kuat.

Ketika daun dan batangnya belum kering dan dilakukan pemanenan, bisa senyebabkan kualitas umbi berkurang dan mudah lecet. Pemanenan tanaman kentang dalam polybag dilakukan dengan cara menyobek polybag tersebut. Sobek dengan menggunakan pisau dari atas ke bawah dengan hati-hati agar umbi kentang tidak terkena pisau.

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

panen kentang dalam pot
panen kentang dalam pot

Ngomong-ngomong soal kentang, ada sebagian orang yang tidak suka dengan kentang dan malah menghindarinya. Kentang mengandung zat gizi seperti lemak dan karbohidrat yang tinggi, sehingga sangat dijauhi oleh para pelaku diet.

Disisi lain kentang ini kaya dengan serat kalium yang sangat bermanfaat bagi tubuh dengan porsi yang wajar tentunya. Apabila mengonsumsinya terlalu banyak juga tidak baik baik untuk kesehatan itu sendiri.
Berikut manfaat-manfaat kentang untuk kesehatan tubuh:

Jantung

Tanaman kentang memiliki kandungan serat kalium, vitamin c dan juga vitamin B6 yang merupakan sumber nutrisi yang baik untuk jantung. Serat tersebut bisa membantu untuk menurunkna kadar kolesterol yang berlebih di dalam darah. Para peneliti juga menyebutkan bahwa serat ini bisa mengurangi resiko penyakit jantung.  Dengan serat ini kalian bisa melindungi jantung kalian.

Memperkuat Tulang

Kentang memiliki kandungan seperti kalum dan magnesium yang sangat berkontribusi terhadap kesehatan tulang. Kedua jenis mineral ini sangat membantu untuk pencegahan keropos pada tulang dan juga untuk memperkuat tulang tersebut.

Membangun Kekebalan Tubuh

"<yoastmark

Menurut penelitian para ilmiah, kentang memiliki dampak positif untuk sistem kekebalan tubuh. Kentang bisa membantu menurunkan leukosit yang diproduksi oleh tubuh karena adanya peradangan atau saat orang tersebut sakit.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada tanaman kentang bisa membantu dan mendukung meningkatnya keteraturan sistem pencernaan. Pati yang ada didalam kentang akan menambah jumlah feses kita, sehingga makanan yang tidak tercerna dengan baik akan ikut tercerna.
Kandungan serat baik yang bisa membantu melancarkan pencernaan, biasanya bisa ditemukan dibagian kulit ketang tersebut.

Mengendalikan Gula Darah

Banyak sekali orang yan bilang bahwa kentang sangta tidak baik untuk penderita diabetes, padahal karbohidrat yang ada didalam kentang adalah karbohidrat yang termasuk aman. Di dalam kentang tersebut juga terdapat pati resisten yang tidak sepenuhnya bisa diserap oleh tubuh.

Pati resisten terbeut apabila sudah sampai di usus besar, makan akan menjadi makanan dari bakteri baik dan membuat insulin serta hormon pengendali gula bisa bekerja secara optimal.

Demikian artikel tentang tanaman kentang, mulai dari cara budidaya hingga manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *