banner 300x280

Mengenal Tumbuhan Padi yang Menjadi Makanan Pokok

14 views
example banner

Tumbuhan Padi – Padi adalah salah satu tumbuhan yang biasa dibudidayakan dan merupakan hal terpenting di dalam peradaban. Tanaman padi diperkirakan berasal dari daerah India atau Indocina yang kemudian dibawa masuk ke wilayah Indonesia oleh nenek moyang sekitar 1500 sebelum masehi.

Tumbuhan padi ini memiliki nama latin Oryza Sativa L yang berasal dari genus Oryza L. Terdiri dari 25 spesies yang menyebar di daerah tropis dan juga subtropis seperti Asia, Amerika, Australia dan Afrika. Padi yang sekarang atau yang biasa kita temukan adalah padi yang tumbuh dari persilangan Oryzasativa F dengan Oryzaofficianalis.

Ciri-Ciri Umum Padi

padi pulen

ciri-ciri padi pulen

Beberapa ciri-ciri umum tanaman padi

Akar

Akar adalah bagian dari tanaman yang memiliki fungsi untuk menyerap air serta zat makanan yang ada di dalam tanah. Air dan zat makanan tersebut akan diangkut ke bagian atas tanaman.

Padi adalah jenis tanaman yang berakar serabut, yaitu akar yang terbentuk dari akar tunggang dan setelah 5-6 hari akan tumbuh akar kecil-kecil. Bagian akar yang sudah tua dan berkembang, kama akan berwarna coklat. Untuk akar yang baru akan berwarna putih.

Batang

Padi adalah salah satu tumbuhan golongan Graminae dengan posisi batang yang tersusun dari beberapa ruas. Ruas-ruas tersebut merupakan bubung kosong yang kemudian ditutup oleh buku dan panjang ruasnyapun tidak mesti sama.

Buku pada setiap ujung ruas bagian bawah akan ada daun yang menyelubungi ruas tersebut sampai ke buku bagian atas. Daun yang terpanjang akan menunjukan terjadinya percabangan dimana bagian cabang terpendek akan menjadi lidah daun dan yang terpanjang menjadi kelopak daun.

Daun

Tumbuhan padi adalah tumbuhan jenis rumput-rumputan yang daunnya berbeda-beda baik dari bentuk, susunan, atau dari bagian-bagiannya. Ciri khas yang dimiliki oleh daun padi adalah adanya sisik dan juga daun telinga. Darisinilah padi dapat dibedakan dari jenis rumput yang lainnya.

Berikt bagian-bagian daun padi:

  1. Helai daun

Bagian ini terletak pada batang padi dan bagian yang pasti ada. Memiliki bentuk yang panjang  dan ukurannya sangat bervariasi sesuai dengan ukuran tumbuhan yang bersangkutan.

  1. Pelepah daun:

Daun yang menyelimuti batang adalah pelepah daun. Pelepah daun ini berfungsi untuk membantu dan memberi kekuatan pada ruas yang jaringannya lemah. Hal ini agar ruas dapat tetap berdiri tegak dan semakin kuat.

  1. Lidah daun

Daun ini terletak di perbatasan antara pelepah daun dan helai daun. Lidah daun memiliki ukuran yang berbeda dan posisinya melekat di batang. Lidah daun padi ini berfungsi untuk mencegah masuknya air hujan antera batang dan upih (pelepah) dan juga untuk mencegah adanya infeksi.

Bunga

Pada tumbuhan padi, bunga akan tumbuh dari buku ruas atas yang biasa disebut dengan malai. Panjang bunga padi tergantung dengan varietas padi yang sedang ditanam. Malai secara umum memiliki tiga ukuran, yaitu ukuran pendek (<20 cm), ukuran sedang (sekitar 20-30cm), ukuran panjang (>30cm). Cabang di setiap manglai biasanya berjumlah 15 sampai 20 cabang.

Bunga padi adalah bunga telanjang yang memiliki dua jenis kelamin yang nantinya akan menjadi bakal buah. Benang sari yang dimiliki bunga padi da 6 helai dengan tangkai yang pendek dan juga tipis. Bagian kepala sarinya besar dan memiliki 2 kandung serbuk.

Buah

Yang dimaksud buah dalam tanaman padi adalah padi itu sendiri. Padi adalah biji yang ditutupi oleh lemma dan palea. Buah ini muncul ketika telah selesai dilakukannya penyerbukan serta pembuahan.

Ketika padi sudah besar, maka belahan mahkota bunga yakni palea dan lemma yang semula melekat akan terbuka dengan sendirinya hingga membentuk sudut sebesar 30-60 derajat. Mahkota bunga pada umumnya akan mekar ketika hari mulai cerah sekitar pukul 10.00-12.00.

Klasifikasi Tumbuhan Padi

tanam padi

Tumbuhan padi

Berikut klasifikasi tanaman padi:

Kingdom: Plantae (tumbuhan)

Subkingdom: Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh) super

Devisi: Soermatophyta (menghasilkan biji) dan Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)

Kelas: Liliopsida (berkeping satu/miokotil)

Subkelas: Commelinidae

Ordo: Polaes

Famili: Poaceae (suku rerumputan)

Genus: Oryza

Spesies: Oryza sativa L

Jenis Tumbuhan Padi

bibit padi

Jenis bibit padi

Ada beberapa jenis padi berdasarkan tipe beras dan tekstur butirannya. Beberapa tanaman padi memiliki banyak benih yang tingkat produksinya juga sangat tinggi.

Berikut beberapa jenis tanaman padi berdasarkan tipe dan juga tekstur benihnya:

Padi Ketan

Tekstur yang dimiliki oleh padi ketan adalah bersifat lebih lengket daripada tekstur pada nasi, sehingga banyak orang yang tidak menjadikan ketan sebagai bahan pokok makanan. Padi ketan juga memiliki beberapa varian, yaitu ketan merah, ketan putih dan juga ketan hitam.

Padi Pera

Arti dari pera sendiri adalah nasi yang memiliki tekstur yang sedikit lebis keras daripada nasi. Artinya, apabila padi pera dimasak seperti nasi, maka hasilnya akan lebih keras. Padi ini biasa ditemui didaerah Riau dan Sumatera Barat. Padi pera juga sangat dikenal sebagai salah stu bahan pokok pembuatan bihun dan juga tepung beras.

Beberapa contoh jenis padi pera:

  1. Inipari 12 (amilosa 26,4%)
  2. Hipa 4 (24,7%)
  3. Inpara 1, inpara 3 (amilosa 27,9%)

Padi Wangi

Tanaman padi jenis padi wangi adalah padi yang teksturnya seperti beras biasa, namun yang membedakannya adalah aromanya yang wangi dan juga harum. Contoh dari padi wangi sendiri adalah padi pandan wangi.

Padi Pulen

Jenis padi pulen adalah jenis padi yang sering dikonsumsi oleh banyak masyarakat karena nasi yang dihasilkan teksturenya pulen atau sedikit lengket apabila dimasak. Rasa  dari padi pulen ini juga enak dan lembut dimulut.

Manfaat Padi

budidaya padi

Manfaat padi

Padi memilik banyak sekali manfaat untuk manusia, antara lain adalah:

Mengandung Energi yang Tinggi

Padi merupakan salah satu sumber energi tubuh yaitu karbohidrat yang kemudian dimasak menjadi nasi. Karbohidrat adalah sumber energi terbaik karena semua kegiatan manusia membutuhkan energi, dan juga bisa mempengaruhi otot tubuh. Nasi bisa mengandung asam amino yang teinggi apabila dicampur dengan daging.

Mengobati dan Mencegah Gangguan Pencernaan.

Padi juga bisa membantu untuk mencegah dan mengobati gangguan pencernaa karena padi memiliki kandungan serat yang rendah. Apabila padi dimasah menjadi nasi putih maka nasi tersebut dapat bermanfaat untuk mengatsi diare, morning sickness dan radang usus buntu. Manfaat lain dari padi adalah sifat diuretik yang bisa membantu mangatasi masalah pencernaan serta inflamasi yang terjadi.

Mengobati Jerawat, Bengkak dan Bisul.

Padi dapat dijadikan masker untuk jerawat, bisul dan bengkak dengan cara mengolahknya. Beras yang dihasilakan oleh padi, direbus kemudian dikeringkan dan ditumbuk sehingga bisa dijakan pasta yang kemudian dioleskan ke bisul, luka dan jerawat pada wajah. Hal ini juga banyak dilakukan oleh warga Indial.

Digunakan untuk Kosmetik

Ekstrak padi yang diolah dipercaya bisa menjadi bahan obat-obatan dan juga bahan kosmetik. Salah satu alasannya adalah bisa menambah volume dan ketebalan rambut. Sehingga beras biasa digunakan untuk produk perawatan rambut dan sebagai krim pelembab karena juga berfungsi untuk melembabkan.

 

Demikianlah sedikit penjelasan tentang tumbuhan padi di artikel kami. Semoga bisa menambah wawasan tentang padi dan bisa memberikan manfaat yang lainnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a reply "Mengenal Tumbuhan Padi yang Menjadi Makanan Pokok"

Author: 
author